Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membelikan Mainan untuk Anak

13 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Pada masa tumbuh kembang anak, bermain adalah hal yang paling penting di usianya. Usia anak sebelum menginjak sekolah inilah yang banyak dihabiskan waktunya untuk bermain. Beragam jenis permainan tersedia untuk anak Anda. Namun, ada hal yang harus diperhatikan dalam memberikan mainan pada anak. Perhatikan kembali beberapa pertimbangan tumbuh kembang anak nantinya.

Tidak asal membelikan mainan, pikirkan kembali manfaat yang diperoleh dari mainan yang akan diberikan kepada anak. Karena hal tersebut juga bisa mendukung kecerdasan dan tumbuh kembang anak.

Seorang dokter spesialis anak dr. Markus Danusantoso, Sp.A., menjelaskan bahwa setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para orangtua sebelum membelikan mainan. Karena begitu pentingnya peranan mainan, sebaiknya orangtua jangan mudah membelikan mainan dengan alasan agar anak senang. Sebab, mainan itu bisa mencerdaskan anak, asal orangtua tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli mainan

Mainan sesuai usianya

Hal yang harus diperhatikan sebelum membelikannya mainan adalah perhatikan juga usia si anak. Karena kebutuhan anak akan mainan setiap usianya berbeda. Mainan bukan hanya untuk memberikan kesenangan tetapi juga proses belajar. Misal, mainan untuk anak di bawah usia enam bulan, berikan mainan yang lebih banyak menonjolkan suara, warna, dan merangsang penglihatan anak.

Tentukan tujuan dari membeli mainan

Tidak asal membuat senang si anak, tentunya Anda menginginkan anak memainkan mainan yang dapat mendukung kecerdasan dan dapat merangsang motorik kasar dan halus si kecil. Pastikan Anda memilihkannya dengan tepat dan tentunya menarik bagi anak.

Mengetahui cara kerja dari mainan tersebut

Orang tua yang ingin membelikan mainan untuk anaknya juga harus mencoba untuk mencari informasi bagaimana cara memainkan mainan tersebut. Ketahui cara menggunakannya, maupun perawatannya.

Bahan yang digunakan pada mainan

Pastikan bahan atau material dari mainan yang dibeli tidak membahayakan kesehatan anak. Banyak sekali sekarang mainan yang murah meriah namun tidak memperhatikan kesehatan para penggunanya. Jadi, berhati-hatilah memilih mainan untuk anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)