Perhatikan 8 Keamanan dalam Memilih Mainan Anak

9 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Mainan merupakan sahabat dari buah hati Anda. Mainan merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang anak Anda secara fisik dan juga psikis.Namun Anda juga harus memperhatikan mainan apa saja yang baik dan tepat bagi anak Anda. Banyak sekali produsen mainan yang mengesampingkan kualitas dan keamanan produk mereka demi meraup keuntungan.

Salah satu risiko yang menakutkan bila Anda salah memilih mainan untuk anak Anda adalah: pengaruh dari bahan cat pada mainan dan perhiasan atau zat kimia dalam plastik seperti phthalates dan bisphenol A (BPA).Mainan yang bisa berbahaya bagi anak, apakah itu berisiko dapat mengakibatkan luka lecet atau membuat anak tersedak, biasanya sudah ditempeli label peringatan dari pemerintah. Namun pemerintah tentunya tidak memeriksa setiap mainan yang masuk ke negaranya. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips memilih mainan yang aman:

1. Hindari Mainan Tajam

Seperti mainan yang sekiranya bisa menggores kulit atau melukai anak.

2. Lakukan Tes Bau

Sebelum memberikan mainan kepada anak Anda, ada baiknya Anda memeriksa baunya. Jika ada bau yang kuat dari vinyl, mungkin mainan tersebut mengandung phthalates yang dilarang untuk produksi mainan anak-anak.

3.Baca Keterangannya

Pilih mainan yang sesuai usia anak, dengan memeriksa apa yang tertulis di kemasannya. Misalnya, mainan yang ditujukan untuk anak yang lebih tua biasanya berisi bagian-bagian kecil yang bisa ditelan oleh bayi.

4. Hindari Mainan Berukuran Kecil Untuk Anak di Bawah 3 Tahun

Jangan pernah membelikan anak usia di bawah 3 tahun mainan yang berisi bagian-bagian kecil atau bola berukuran kecil, karena sangat berisiko untuk ditelan.

5. Pilih Mainan Kayu Yang Tidak Dicat

Ketika membeli mainan untuk anak di bawah tiga tahun, mereka mungkin akan menempatkan mainan tersebut di mulut mereka. Karena tubuh mereka sedang dalam fase pertumbuhan, kemungkinan anak-anak untuk terkontaminasi jauh lebih tinggi dibanding orang dewasa.

6. Carilah Mainan Berlabel BPA-free

Mainan yang berlabel demikian artinya tidak mengandung bahan kimia kontroversial.

7. Periksa Suara & Bunyi Mainan

Bila mainan yang dimiliki anak Anda ternyata memiliki suara keras, sebaiknya jauhkan dari anak Anda karena dapat merusak sistem pendengarannya.

8. Pilihlah Mainan Yang Diproduksi di Amerika Utara atau Eropa

Mainan-mainan yang dibuat di Amerika Utara dan Eropa memiliki standar pengujian mainan yang lebih ketat.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)