Perhatikan 5 Hal Ini dalam Penyusunan KTSP

7 September 2015 Artikel Pendidikan


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh masing - masing satuan pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan KTSP perlu memperhatikan standar kompetensi yang ada.

KTSP sangat penting bagi kegiatan operasional sekolah. Karena itu, penyusunan juga harus berorientasi pada situasi kondisi sekolah. Berikut 5 hal pernting yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun KTSP:

1. Budaya daerah

Seni dan kebudayaan daerah juga hal penting dalam penyusunan KTSP. Seni dan budaya perlu dipertimbangkan seni dan budaya apa yang cocok diterapkan di sekolah.

2. Lingkungan sosial dan ekonomi

Kebijakan sekolah perlu mengacu pada kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Sebab masyarakat juga berpengaruh pada pendidikan. Dengan disesuaikan kedua komponen tersebut, semua program dan kebijakan sekolah dapat diterima oleh masyarakat sekitar.

3. Sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana merupakan elemen yang berfungsi sebagai penunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Segala bentuk kegiatan perlu disesuaikan dengan fasilitas yang ada. Hal ini juga menjadi pertimbangan penting dalam menyusun kurikulum sekolah.

4. Letak geografi
Lingkungan dan kondisi geografis juga perlu jadi pertimbangan. Apakah sekolah di tempat tinggi, perbukitan, atau daerah lembah. Hal ini berguna untuk menerapkan aturan disiplin sekolah.

5. Dukungan pemerintah dan swasta

Dukungan pemerintah dan swasta tak kalah pentingnya dalam pertimbangan penyusunan KTSP. Termasuk dalam hal ini adalah alumni sekolah atau perantau-perantau yang berasal dari daerah tempat sekolah berada.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)