Perhatikan 4 Hal Ini Agar Ruang Kelas Kondusif!

15 September 2015 Artikel Pendidikan


Ruang kelas yang nyaman dan fasilitas yang mendukung pasti membuat siswa menjadi senang. Tak hanya siswa, guru pun juga menjadi nyaman untuk mengajar. Ruang kelas yang nyaman bisa membuat siswa mampu menyerap informasi yang disampaikan dengan baik.

Untuk kondisi dan tata kelas perlu diperhatikan untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif. Ada 4 hal yang perlu diperhatikan:

1. Penataan ruang

Penempatan dan penataan barang - barang dalam kelas tidak mengganggu pandangan siswa, sehingga siswa dapat memperhatikan pelajaran secara leluasa. Begitupun dengan guru dapat memandang semua siswa saat kegiatan belajar mengajar.

2. Sirkulasi udara

Tempat sirkulasi udara sangat diperlukan pada ruang kelas, terutama bagi ruang kelas yang sempit dan jumlah muridnya banyak. Jika sirkulasi udara tidak terpenuhi, maka bisa mengganggu kesehatan siswa. Pintu dan ventilasi bisa menjadi tempat sirkulasi udara.

3. Pencahayaan

Pencahayaan yang memadai juga berpengaruh pada ruang kelas kondusif. Cahaya yang terlalu sedikit akan menyulitkan siswa membaca atau menulis pada buku catatan mereka. Sebaliknya jika terlalu terang, cahaya akan menimbulkan pantulan pada papan tulis sehingga siswa sulit membaca dari kejauhan.

4. Kebersihan

Kondisi yang satu ini tak kalah pentingnya. Kondisi kelas yang bersih dan bebas dari sampah tentu membuan suasana belajar mengajar menjadi nyaman.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)