Peran Ayah dalam Membangun Karakter Positif Si Kecil

10 Januari 2019 Artikel Pendidikan


Saat masih kecil, sosok ibu memang akrab dan dekat dengan anak. Namun, sosok ibu saja tidaklah cukup terutama dalam membentuk karakter positif anak. Peran ayah juga sangat penting dalam pembentukan karakter tersebut.

Memang jika sejak kecil, anak-anak lebih dekat dengan ibu karena secara naluriah, ibulah yang mengandung hingga menyusui buah hati hingga mereka tumbuh. Akan tetapi, persoalan membentuk karakter anak, peran ayah sangat dibutuhkan dan juga harus menyediakan waktu untuk memperhatikan tumbuh kembang si kecil.

Seperti dikutip dari family fimela, Dr. Ratna Megawangi, M.Sc mengungkapkan bahwa sosok ayah harus ikut turut serta dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak, ia tidak boleh terlalu fokus pada pekerjaan sehingga lupa untuk berinteraksi dengan anak.

Beberapa poin harus diperhatikan oleh para orangtua ialah mencotohkan si kecil dalam melakukan perbuatan baik. Saat umur anak mencapai lima tahun, memang anak biasanya akan lebih dekat dengan ibunya. Tapi di atas itu, ia akan mencari sosok lain, dalam hal ini sosok ayahlah yang menjadi peran penting.

Orangtua dirasa menjadi sosok utama sekaligus tauladan si kecil untuk dijadikan contoh yang sempurna. Maka dari itulah istilah "Buah tidak jauh jatuh dari pohonnya" menggambarkan bagaimana sikap orang tua dapat mempengaruhi perilaku si anak kelak.

Setelah umur lima tahun, biasanya anak mulai mencari sosok selain ibu. Karena itu, ayah harus segera masuk. Biasanya jika anak dilarang bermain atau melakukan sesuatu oleh ibu, ia akan mengadu ke ayah. Di situlah celah ayah untuk membentuk karakter positif anak. Misalnya dengan menasehati anak bahwa kita harus menghormati orangtua, bilang bahwa ibu melarang karena ada maksud baik di belakangnya. Hal-hal seperti itulah yang membuat peran ayah sangat penting.

Jadi untuk para orangtua terutama ayah, luangkan waktu bermain dan pantau tumbuh kembang si kecil dengan baik. Hal tersebut akan dapat memengaruhi karakter si kecil.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)