Pentingnya Pendidikan dalam Keluarga

8 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Pendidikan adalah sesuatu yang penting. Sebelum memasuki pendidikan formal di institusi-institusi sekolah, ada pendidikan yang lebih penting lagi yaitu pendidikan dalam keluarga. Pendidikan dalam Keluarga adalah tanggungjawab orang tua, dengan peran Ibu lebih banyak. Karena Ayah biasanya bekerja, maka hubungan Ibu dan anak lebih menonjol. Meskipun peran Ayah juga amat penting, terutama sebagai tauladan dan pemberi pedoman. Kalau anak sudah mendekat dewasa peran Ayah sebagai penasehat juga penting, karena dapat memberikan aspek berbeda dari yang diberikan Ibu. Oleh karena hubungan Ayah dan anak terbatas waktunya, terutama di hari kerja, maka Ayah harus mengusahakan agar pada hari libur memberikan waktu lebih banyak untuk bersama dengan anak.

Pendidikan dalam keluarga merupakan hal pokok yang mampu membentuk karakter seorang anak, jika dibandingkan dengan pendidikan formal di sekolah yang hanya berlangsung beberapa jam saja. Di rumah, anak melakukan berbagai hal yang tidak selalu atau bahkan tidak dilakukannya di luar rumah seperti tidur, makan, berbicara, duduk, bermain, menonton televisi, belajar, beribadah, dan lain-lain.

Disinilah saatnya orang tua harus memperhatikan perilaku dan sopan santun setiap anaknya dengan cara memberikan contoh yang baik dimulai dari diri sendiri seperti, makan menggunakan tangan kanan, duduk yang rapi, mengajak anak-anak cuci muka dan menyikat gigi sebelum tidur, beribadah, berbicara dengan sopan dan jujur kepada siapapun dan lain-lain. Jika orang tua mengalami kegagalan dalam mendidik anak menjadi jujur, bersemangat, dan sopan sejak usia dini maka akan sulit bagi orang tua dan lingkungan untuk memperbaiki karakternya.

Ada beberapa jenis pendidikan dalam keluarga yang harus diperhatikan oleh orang tua, diantaranya;
1. Cinta Tuhan
2. Jujur
3. Sopan santun
4. Hormat pada orang tua
5. Tanggung jawab
6. Disiplin
7.dll

Beberapa pendidikan dalam keluarga di atas sangatlah penting diterapkan oleh para orang tua, karena pendidikan ini bertujuan untuk membentuk karakter anak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)