Pentingnya Musik Klasik untuk Kecerdasan Anak

19 November 2019 Artikel Pendidikan


Hal yang menjengkelkan bagi orang tua adalah terbangun malam ketika bayinya rewel. Bayi seringkali rewel tanpa sebab. Bayi juga belum bisa mengungkapkan kenapa dia menangis karena belum bisa bicara. Anda harus menggendongnya sampai berjam-jam hingga tidak tidur. Hasilnya Anda pun kecapean pada pagi harinya dan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Untuk itu diperlukan sarana agar anak bisa tidur lelap tanpa rewel. Salah satunya ialah dengar memutar musik klasik untuk bayi. Tahukah Anda bahwa musik klasik dapat membuat bayi Anda tertidur pulas? Jenis musik klasik adalah musik sederhana dengan menggunakan instrument seperti biola atau piano.

Musik klasik dapat membuat siapapun yang mendengarkannya merasa rileks. Keadaan rileks inilah yang menghantarkan bayi menuju tidur lelapnya. Banyak sekali musik klasik yang ada atara lain Bethoven, Mozart, Massanet dan lain sebagainya.

Manfaat mendengarkan musik klasik secara umum ialah dapat mengurangi tekanan darah, membuat suasana rileks, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Memperdengarkan musik klasik untuk anak sangat bagus sekali agar tidurnya dapat semakin lelap.

Pemberian musik klasik sebagai pengantar tidur adalah pilihan yang sangat tepat. Pemberian stimulasi musik klasik akan membantu Anda dalam mengatur jadwal tidur anak Anda dengan mudah.

Sehingga apabila anak Anda tiba-tiba terbangun pada malam hari Anda cukup memberinya musik klasik yagar anak kembali tenang dan tidur lagi. Putarlah musik klasik pada malam dan pagi hari, maka jadwal tidur anak pun semakin teratur.

Memperdengarkan musik klasik pada bayi juga dapat mencerdaskan anak karena seringnya mengakses pikiran bawah sadar ketika otaknya berada dalam gelombang alfa. Kondisi dimana bayi merasa rileks hampir tertidur. Pada waktu itu coba bisikkanlah hal-hal positif bagi anak karena sangat bermanfaat untuk dirinya.

Selain itu masih banyak lagi manfaat musik klasik pada anak, antara lain:

Perkembangan spasial

Mendorong anak untuk bereksperimen dengan instrument, mengembangkan lebih lannjut tata ruang, untuk melanjutkan anak berpikir dalam mempresentasikan, mentransformasi, membangun dan memanggil kembali informasi dalam bentuk bahasa.

Pengambilan keputusan dan kecakapan berpikir

Bayi yang mendengar musik klasik dirangsang untuk mengembangkang pikirannya dan mengambil keputusan lebih cepat. Selain itu anak juga dapat meniru suara-suara musik sehingga ikut bersenandung sesuai musik yang diputarkan padanya.

Perkembangan Emosional

Banyak orang tua yang paham bahwa menderngarkan musik klasik dapat menenangkan bayinya yang rewel. Hal ini sangat berkaitan juga dengan perkembangan emosi bayi. Bayi akan lebih mudah memahami emosi karena sering mendengarkan musik klasik.

Pengetahuan Musik

Bayi yang sering mendengarkan musik akan memiliki kemampuan untuk membedakan irama musik, perubahan pitch, dan dapat mengenali lagu.

Dengan demikian musik klasik ternyata memilik efek yang sangat bagus untuk anak. Pasti akan sangat membantu orangtua jika bayi lebih mudah tidur dengan musik klasik. Untuk itu mulailah dengan mengkoleksi atau mengunduh musik-musik klasik seperti Mozart dan Bethoven.

Siapkanlah handphone Anda di dekat tempat tidur bayi, sehingga jika sewaktu-waktu anak terbangun dari tidurnya Anda sudah siap untuk memutarkan musik klasik untuk bayi Anda.

Dengan begitu, bayi Anda akan kembali rileks dan tenang, kembali ke tidurnya dengan lelap sampai pagi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)