Pentingnya Mengajarkan Nilai Moral pada Anak



Mendidik anak sejak usia dini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pendidikan tidak hanya berkaitan dengan pelajaran yang diajarkan oleh guru disekolah. Akan tetapi pendidikan untuk anak juga mencakup pendidikan moral yang tidak bisa diajarkan dan diperoleh dari buku. Pendidikan moral merupakan salah pendidikan yang berhubungan dengan perilaku seseorang, baik itu perkataan ataupun perbuatan. Menanamkan nilai moral pada anak sejak usia dini sangat penting untuk dilakukan karena pada usia ini anak-anak masih mudah untuk diarahkan. Nilai moral yang diajarkan pada anak-anak sejak usia dini akan membekas sampai anak tumbuh dewasa. Mengajarkan nilai moral pada anak-anak dibutuhkan kesabaran dan kehati-hatian. Sebagai orantua, pemahaman mengenai nilai dan moral merupakan landasan kehidupan yang utama yang sudah semestinya diajarkan kepada anak.

Berikut beberapa hal yang dapat diajarkan pada anak:
1. Menghargai orang lain

Menghargai setiap perbedaan adalah pelajaran yang tidak kalah penting diberikan saat anak berusia dini. Arahkan dan berikan penjelasan kepada anak bahwa perbedaan itu indah jika kita menghargainya. Sebab tidak semua orang memiliki pandangan dan tujuan yang serupa dengan kita. Selain itu, dengan saling menghargai maka hidup anak terasa lebih indah.

2. Suka menolong
Dermawan serta suka menolong dapat diterapkan kepada anak ketika mereka masih kecil hingga saat mereka dewasa nanti kebiasaan dan perilaku ini bisa terbawa hingga mereka telah memiliki penghasilan sendiri. Jika anak Anda melihat Anda menolong orang lain, maka hal ini akan secara langsung menginsiprasi anak untuk melakukan hal yang sama. Mencontohkan secara langsung sebuah pelajaran kepada anak akan lebih baik daripada Anda mendiktenya.

3. Jangan berbohong
Saat ini agaknya sulit sekali menemukan seseorang yang jujur dan amanah. Untuk itu, salah satu hal yang paling penting diajarkan kepada anak yakni jangan berbohong. Beritahukan kepada anak bahwa kejujuran merupakan hal yang paling penting, tidak peduli seberapa kecil kebohongan, tetaplah tidak baik dan tidak dapat ditolelir.

4. Meminta maaf ketika melakukan kesalahan
Meminta maaf bukan saja mejadi bagian dari pendidikan moral, namun juga sebuah awal dari pendidikan etika yang harus ditanamkan pada setiap anak. Penting sekali mengajarkan pada anak, bahwa kata maaf adalah kata ajaib yang dapat membuat hidup terasa lebih berarti. Meminta maaf bukan hanya mengakui kesalahan saat salah atau saat tidak menepati janji, namun juga untuk menerima maaf dan membayar kesalahan mereka. Amat penting untuk mengajarkan anak tentang hal ini untuk membentuk pribadi anak menjadi rendah hati.

5. Jangan pernah menyakiti orang lain
Ini adalah salah satu hal yang juga tidak kalah penting disampaikan pada anak. Jelaskan pada anak Anda apa yang akan terjadi ketika menyakiti seseorang, jelaskan juga hal apa saja yang tergolong menyakiti orang lain. Anak-anak perlu diajarkan bahwa menyakiti orang lain bukanlah tindakan yang dibenarkan, selain itu selalu ada ganjaran untuk setiap perbuatan yang kita lakukan ketika menyakiti oranglain, misalnya dijauhi orang lain, dibenci orang lain.

Itulah beberapa nilai moral penting yang harus diajrkan kepada anak sejak usia dini. Dengan mengajarkan dan menanamkan nila-nilai ini diharapkan anak mulai dapat terbiasa dan menjadikannya sebagai prinsip hidupnya yang ia bawa sampai dewasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)