Pentingnya Mengajarkan Etika Makan pada Anak Sejak Dini

22 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Etika makan atau table manner merupakan aturan yang harus dilakukan saat kita bersantap di meja makan. Etika makan yang diperkenalkan oleh bangsa Eropa ini menjadi aturan standar yang dilakukan setiap orang baik makan di rumah, restoran atau acara resmi. Walaupun dalam budaya berbagai bangsa ada aturan dan norma yang berlaku tersendiri, table manners ini perlu menjadi panduan pengajaran etika di meja makan.

Mendidik anak untuk menjadi pribadi yang santun tidak harus menunggu sampai anak memasuki usia sekolah, justru akan lebih baik jika Anda melakukannya sedini mungkin. Pasalnya pada anak usia dini apa yang Anda ajarkan dan didikkan akan sangat mudah diingat dan cenderung akan dibawa hingga ia dewasa. Banyak hal yang dapat Anda ajarkan terkait dengan masalah sopan santun, salah satunya adalah etika makan. Hal ini mungkin sering dianggap sepele olah banyak orang, padahal bagaimana cara orang makan dapat mencerminkan bagaimana pribadi orang tersebut. Selain itu bagaimana cara ia makan sedikit banyak juga dapat berpengaruh terhadap kesehatannya. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda membiasakan si kecil bagaimana etika makan yang benar.

Berikut beberapa etika makan yang wajib Anda ajarkan pada anak:

1. Cuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan ketika akan makan, sekalipun si kecil makan dengan sendok. Pasalnya tangan yang kotor berpotensi menimbulkan berbagai bibit penyakit yang dapat ter

2. Makan dengan tangan kanan
Sebagai orang timur yang memiliki budaya dan etika yang kental, tentu akan dianggap tidak sopan jika seseorang makan dengan tangan kiri sekalipun ia adalah orang kidal. Untuk itu jangan sampai Anda membiarkan si kecil terbiasa makan dengan tangan kiri. Berikan contoh cara makan yang baik dengan tangan kanan.

3. Makan dengan posisi duduk yang benar
Seorang anak biasanya cenderung susah untuk diajak makan dalam keadaan tenang, ia akan lebih suka makan sambil berjalan dan berlarian kesana kemari. Sayangnya makan seperti ini tentu sangat tidak dibenarkan, untuk usia anak mungkin bukan menjadi masalah serius. Namun jika kebiasaan seperti ini terbawa hingga dewasa tentu akan dianggap tidak sopan. Untuk itu usahakan untuk membiasakan anak makan sambil duduk. Ketika dudukpun ajak anak cara duduk yang baik, yakni tetap tenang dan tidak mengangkat kaki.

4. Tidak bercanda saat makan
Untuk etika ini sebaiknya Anda ajarkan ketika anak sudah cukup besar, pasalnya hal seperti ini cukup sulit untuk dibiasakan. Berilah pemahaman kepada anak bahwa makan sambil becanda merupakan hal yang tidak baik karena dapat menyebabkan ia tersedak.

5. Berdoa sebelum dan sesudah makan
Berikan pemahaman kepada anak bahwa setiap makanan yang dihidangkan merupakan rizki dari Tuhan yang harus disyukuri dan salah satu cara bersyukur yang paling mudah adalah dengan berdoa ketika hendak memakannya dan setelah selesai memakannya. Meskipun sederhana, namun kebiasaan ini sangat penting diajarkan kepada anak sedini mungkin.

Demikian beberapa etika yang wajib diajarkan kepada anak sejak dini ketika makan, semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)