Pentingnya Mengajarkan Arti Kegagalan pada Anak

24 Maret 2016 Artikel Pendidikan


Salah satu hal penting yang harus diajarkan para orang tua kepada anaknya adalah arti kegagalan. Meskipun semua orang pasti menginginkan kesuksesan dalam kehidupannya, namun kita semua tahu hal itu tidak bisa diraih dengan mudah. Anda mungkin sudah sering mendengar cerita dari orang-orang sukses bahwa mereka pernah melewati begitu banyak hambatan, halangan, rintangan dan kegagalan sebelum akhirnya bisa menjadi orang yang sukses.

Bagi Anda orang dewasa, hal ini mungkin bisa dimengerti. Namun beda bagi anak yang belum memiliki pengalaman hidup, hal seperti ini mungkin belum bisa mereka pahami. Saat anak merasa gagal, mungkin saja ia memilih untuk mundur dan menyerah serta tidak mau lagi melakukannya. Padahal tidak akan pernah ada keberhasilan tanpa adanya kegagalan.

Berikut tips mengajarkan kegagalan pada anak yang bisa Anda lakukan:
1. Kegagalan adalah awal kesuksesan

Saat anak mengalami kegagalan, ia akan merasa jadi orang satu-satunya di dunia yang tidak bisa melakukan hal dengan baik. Beritahukan pada anak bahwa semua orang pasti pernah melakukan kesalahan dan kegagalan dan anak Anda tidak sendiri mengalaminya.

2. Berikan dukungan
Saat anak Anda merasa gagal, anak-anak perlu dikuatkan. Pada saat beginilah dukungan dari orang tua mereka perlukan. Ajari mereka untuk bisa menghadapi kegagalan tersebut agar anak Anda dapat belajar lagi untuk bisa lebih baik. Jangan melindungi mereka, karena bagaimana mereka bisa belajar mengatasi hal yang berat kalau begitu.

3. Carilah sisi positif anak
Segala sesuatu pasti punya sisi positifnya, tergantung darimana kita memandangnya. Oleh karena itu, carilah apa yang menjadi sisi positif dari anak Anda, latihlah mereka dan biarkan mereka belajar tentang kehidupan.

Jadi, untuk itu orangtua perlu mengajarkan arti kegagalan pada mereka agar mereka bangkit dan belajar dari hal tersebut.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)