Pentingnya Mengajarkan Anak Jadi Pemberani

24 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Membuat anak menjadi pemberani sangat penting menjadi bekal kita dalam mendidik anak, berani di sini tentu berani yang positif. Anak-anak umumnya menyimpan rasa takut terhadap beberapa hal tertentu, sekalipun apa yang ia takutkan tersebut hanya ada dalam imajinasinya. Biasanya anak merasa takut pada beberapa hal seperti monster, hantu, gelap malam, dan petir. Hal seperti ini sebenarnya wajar selama masih dalam kadar yang dapat dimaklumi. Namun jika Anda dapat membuatnya menjadi pemberani dan tidak takut dengan hal-hal di atas, kenapa tidak? Sebagai orang tua, Anda memiliki andil besar untuk membuat anak menjadi pribadi pemberani.

Berikut beberapa tips mengatasi rasa takut anak dalam berbagai kondisi:

1.Rasa takut terhadap monster atau hantu

Ketakutan ini sebenarnya hanya dipengaruhi oleh imajinasinya saja. Untuk mengatasi ketakutan anak terhadap hal-hal ini, pastikan Anda memberikan pemahaman pada anak tentang hal tersebut. Katakan kepada anak bahwa hal tersebut tidak ada dalam dunia nyata.

2.Rasa takut terhadap gelap
Anak merasa sangat takut ketika gelap karena ia tidak dapat melihat apapun disekitarnya. Selain itu keadaan gelap yang cenderung sunyi juga akan menambah rasa takut anak. Untuk mengatasinya tempatkan lampu kecil di tempat tidurnya, dengan demikian kondisi kamar anak tidak akan gelap total. Ada baiknya pula Anda memilih lampu emergensi sehingga ketika listrik padam lampu akan tetap menyala untuk beberapa saat.

3.Rasa takut terhadap petir
Suara petir yang keras seringkali mengagetkan dan membuat anak merasa takut. Untuk mengatasinya, hal pertama yang dapat anda lakukan adalah jangan menampilkan ekspresi wajah kaget atau takut agar anak tidak ikut-ikutan. Kemudian berilah pemahaman kepada anak, bahwa petir hanya merupakan pertanda akan turun hujan yang justru akan sangat menyenangkan.

4.Kesepian
Ajarkan anak untuk memiliki mainan yang bisa menjadi teman tidurnya, dan yakinkan padanya, bahwa Anda tak akan pergi jauh-jauh darinya. Jika ia menangis pada malam hari, sebaiknya orang tua menenangkan anak dengan cepat agar rasa takutnya berkurang.

Mari mendidik dan melatih keberanian dan kemandirian anak dengan hal-hal kecil sejak dini. Memberikan dia kebebasan memilih untuk melakukan apa yang mereka suka. Selama itu baik dan positif kita orang tua harus mendukung mereka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)