Pentingnya Mengajari Anak Tentang Toleransi dan Pemaaf

12 Agustus 2014 Artikel Pendidikan


Toleransi adalah merupakan salah satu kunci sukses anak bergaul dengan orang lain di lingkungannya. Toleransi merupakan awal dari sikap menerima bahwa perbedaan bukanlah suatu hal yang salah. Justru, perbedaan harus dihargai dan dimengerti. Sikap toleran juga akan mengarahkan anak kepada sikap baik, yaitu pemaaf.

Perilaku toleran dapat dicontohkan orangtua dengan saling memberi kesempatan berbicara dan menyatakan pendapat atau saling memaafkan. Jika Anda tidak senang didebat dan mau menang sendiri akan menjadi contoh buruk bagi anak Anda. Ucapan dan kata yang sering didengar anak akan membekas dalam ingatannya. Saat memarahi anak, usahakan jangan mengeluarkan kata-kata yang tidak baik.

Seleksilah media dengan seksama seperti bacaan serta tontonan anak agar hal-hal yang kurang baik dapat dihindari. Pilihkan bacaan atau tontonan yang memberikan contoh bagus tentang sikap toleran dan pemaaf.

Setiap kali ada contoh menarik, tanyakan bagaimana pendapatnya dan ungkapkan pula pendapat Anda. Seperti memuji sikap tokoh kartun yang menerima pendapat temannya. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin, anak memperoleh kepastian dan merasa mantap tentang apa yang harus ia lakukan. Sebaiknya Anda juga harus belajar menghargai pendapat anak serta meminta maaf jika Anda melakukan kesalahan.

Menanamkan sikap toleransi sejak dini tentu memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Anak menjadi lebih mudah beradaptasi serta memiliki lingkungan sosial yang lebih luas. Proses belajar anak ini tidak harus dilakukan dengan serius. Orang tua dapat mengajarkannya saat aktivitas menonton TV, membaca dan bermain bersama sehingga proses ini menjadi tidak begitu rumit.

Bagaimana, sudahkah Anda mengajari anak bertoleransi dengan sesamanya?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)