Pentingnya Mengajari Anak Berpuasa



Melatih anak puasa, sebagai pendidikan kedisiplinan dan keagamaan di dalam lingkup keluarga. Keluarga merupakan landasan dasar tempat anak belajar baik dari perilaku maupun bimbingan orangtua. Anak merupakan penerus bagi kehidupan bangsa. Pendidikan akhlak dan karakter anak sebaiknya mulai distimulasi sejak dini oleh orangtua. Bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan penuh keutamaan bagi umat Islam di dunia, bisa dijadikan moment yang tepat untuk pendidikan disiplin dan akhlak anak sejak dini.

Di bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Tidak ada salahnya mengajarkan si kecil untuk mengenal puasa sejak dini. Bagi para orang tua, terkadang menemui kesulitan untuk mengajari anak berpuasa. Jangan khawatir, berikut ini tips mengajarkan anak berpuasa sejak dini yang dapat Anda dan buah hati lakukan bersama-sama:

1. Menjelaskan Arti Bulan Ramadan
Menjelaskan arti bulan Ramadan bagi anak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya melalui dongeng, buku cerita ataupun buku bergambar. Dengan cara ini, anak akan lebih mudah menangkap dan memahami arti bulan suci sesuai dengan usianya.

2. Belajar Puasa Secara Bertahap
Untuk anak-anak, melaksanakan puasa penuh tentunya tidak mudah. Anda dapat mengajarkan puasa dengan cara bertahap. Misalnya, latihan untuk makan hanya di saat lapar dan tidak sampai kenyang atau puasa setengah hari sampai dhuhur. Jika anak sudah terbiasa, ia akan kuat berpuasa sampai maghrib.

3. Libatkan Anak Secara Langsung
Mengajak si kecil untuk mempersiapkan makanan saat berbuka dan sahur atau mengajak tarawih bersama dapat menjadi cara melibatkan anak secara langsung untuk memaknai bulan suci . Orang tua wajib memberi contoh yang baik untuk anak, misalnya dengan tidak mengeluh tentang beratnya berpuasa. Aktivitas yang menyenangkan dan tanpa beban akan membantu anak menjalani bulan puasa dengan mudah.

4. Berikan semangat dan motivasi anak
Orang tua sebaiknya selalu memberikan semangat pada anak untuk melaksanakan ibadah puasa, semangat itu bisa berupa kalimat langsung. Berikan penghargaan untuk memotivasi anak. Penghargaan itu tidak harus dalam bentuk barang tapi bisa dalam bentuk pujian, ungkapan rasa senang, serta kedekatan emosi seperti sentuhan,pelukan dll.

Mengajarkan tentang puasa pada anak sejak dini penting dilakukan agar anak mengenal apa dan bagaimana puasa itu, sehingga nantinya akan terbiasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)