Pentingnya Mengajak Anak Main di Luar

14 Agustus 2019 Artikel Pendidikan


Sekarang ini, anak-anak sudah mempunyai dunia tersendiri. Cukup memegang remote control atau memegang gadget mereka sudah masuk dalam relung kehidupan asing dan asyik. Saking asyiknya jangankan orang lain kadang orang tuanya juga bisa menjadi orang lain bagi anak itu. Kondisi itu jika berlanjut bukan tidak mungkin akan menjadikan anak-anak sebagai pribadi yang mempunyai ego berlebihan. Dan itu tidak baik! Oleh karena itu, sebagai orang tua tidak salah mengajak anak menikmati luasnya dunia ini dengan cara bermain, berolah raga atau bercanda di luar rumah atau di taman.

Ada banyak manfaat yang anak dapatkan ketika bermain di luar rumah:
1. Memiliki Penglihatan yang Lebih Bagus
Sebuah penelitian dari Optometry and Vision Science menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di luar memiliki penglihatan yang lebih baik daripada anak-anak yang bermain di dalam ruangan.

2. Meningkatkan Kemampuan Sosial
Mengajak anak ke luar dan bermain bersama bisa meningkatkan sejumlah kemampuan. Salah satunya adalah kemampuan sosial atau bersosialisasi. Misalnya, saat main seluncur, setiap anak harus bisa mengantri untuk mendapatkan giliran meluncur. Dan ketika bermain di luar, kesempatan mereka untuk bertemu teman-teman baru juga semakin besar.

3. Membuat Lebih Fokus
Bermain di luar atau di ruang terbuka bisa membuat anak-anak bisa lebih fokus. Di samping itu, rasa penasaran mereka juga akan meningkat dan hal ini bisa memicu kreativitas mereka. Anak yang sering bermain di luar akan lebih semangat untuk membuat penemuan-penemuan baru dan tidak hanya duduk diam saat melihat sesuatu.

4. Mengurangi Stres
Anak-anak juga bisa bosan atau stres. Dan salah satu cara terbaik dan alami untuk mengurangi stres itu adalah dengan bermain di luar. Bermain di luar bisa menenangkan pikiran sekaligus menyembuhkan perasaan negatif.

5. Mencegah Defisiensi Vitamin D
Menurut American Academy of Pediatrics, banyak anak yang menderita defisiensi vitamin D. Vitamin D bisa didapatkan melalui cahaya matahari alami yang bebas dan bisa didapatkan dengan bermain di luar. Dengan asupan vitamin D yang cukup, kita bisa terhindar dari sejumlah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah tulang.

Nah, bagaimana? Tidak ada salahnya lagi mengajak anak Anda bermain diluar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)