Pentingnya Mendongeng untuk Si Kecil

5 Desember 2019 Artikel Pendidikan


Mendongeng atau bercerita kepada anak merupakan salah satu cara efektif bagi anak untuk belajar. Karakter anak dapat dibentuk melalui cerita yang mempunyai pesan moral yang baik. Namun, tak urung ada waktunya orangtua pun terkadang merasa lelah dan bosan melakoni aktivitas ini setiap hari.

Jika orangtua merasa jenuh maka perlu kerjasama yang baik antara ayah dan ibu. Jika pada malam hari Ibu lelah sekali, Ibu dapat bekerja sama dengan Ayah. Minta tolong pada Ayah untuk menjaga anak-anak pada saat Ibu mengantuk.

Seharian bekerja di kantor atau seharian bekerja mengurus anak dan rumah memang melelahkan. Jika ada komunikasi dan niat lurus dalam mengasuh anak, Ayah dan Ibu harus saling mengisi dan membantu dalam pengasuhan.

Ada baiknya untuk membuat jadwal bercerita antara Ayah dan Ibu. Kapan Ayah pulang malam dan tidak dapat terlibat. Mungkin Ayah dapat giliran pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Hal ini akan mengeratkan hubungan antara Ayah dan anak anak. Anak juga mendapat variasi cerita dan wawasan yang berbeda.

Cerita pun bisa dibuat bervariasi, mungkin Ayah lebih suka cerita mengenai petualangan dan heroik. Sedangkan Ibu lebih cerita mengenai keluarga dan fantasi. Sebaiknya jenis buku yang dibaca berbeda antara Ayah dan Ibu. Dengan demikian anak akan kaya dengan cerita-cerita yang beragam sehingga mampu imajinasi yang baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)