Pentingnya Mendidik Anak Remaja pada Era Modern

30 September 2014 Artikel Pendidikan


Anak adalah anugerah dari sang pencipta, orang tua yang melahirkan anak harus bertangung jawab terutama dalam soal mendidiknya, baik ayah sebagai kepala keluarga maupun ibu sebagai pengurus rumah tangga. Keikutsertaan orang tua dalam mendidik anak merupakan awal keberhasilan orang tua dalam keluarganya apabila sang anak menuruti perintah orang tuanya terlebih lagi sang anak menjalani didikan sesuai dengan perintah agama.

Mendidik anak remaja pada era modern saat ini tidaklah mudah. Tentunya kemajuan teknologi dan kebebasan informasi yang mudah untuk diakses membuat para anak remaja dapat mencari segala hal yang ingin mereka ketahui.

Masa remaja adalah tahap yang berbeda yang menandai transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa. Sehingga penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua mengenai cara mendidik anak remaja yang baik dan sesuai. Kebanyakan orang tua mengambil pekerjaan mereka sebagai guru sangat serius dengan mengajarkan ilmu-ilmu pendidikan sebagai cara mendidik anak yang baik.

Tapi kadang-kadang orangtua bahkan tidak menyadari bahwa jauh lebih penting menanamkan kepada anak-anak mengenai bagaimana mengelola perasaan dan perilaku mereka. Ini adalah dasar dari kecerdasan emosional (EQ), yang akan menentukan kualitas hidup anak remaja jauh lebih mendasar daripada IQ mereka.

Pendidikan agama sejak dini juga merupakan salah satu cara mendidik anak yang baik. Dengan bekal agama yang baik, Anda akan bisa mempercayai mereka saat berada di luar rumah. Penting juga untuk menanamkan tanggung jawab dan rasa empati kepada mereka, hal ini penting agar mendidik anak remaja bisa lebih diterima oleh mereka.

Perasaan anak remaja umumnya sensitif, sehingga penting untuk menghargai dan tidak mempermalukan mereka di depan orang lain. Umumnya, mereka akan mengingat dan mempertimbangkan setiap perlakuan orangtua saat mendidik anak remaja. Anak-anak lebih dekat dengan orang tua mereka melalui masa remaja dan seterusnya.

Biarkan mereka melihat Anda menunjukkan cinta dan kasih sayang bagi orang-orang dalam kehidupan sebagai salah satu cara mendidik anak remaja. Bicaralah dengan anak tentang betapa Anda mencintai dan menghargai mereka.

Sebaiknya orang tua tetap konsisten untuk melatih anak supaya lebih patuh. Bersikap lembut, anak umumnya tidak dapat merespon dengan baik bila kita menghadapi mereka dengan bentakan atau amarah. Beri contoh, ini adalah cara yang paling efektif untuk membuat anak patuh. Puji mereka, jangan ragu untuk memuji dan membesarkan hati mereka ketika mereka melakukan hal yang kita inginkan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)