Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Anak Hadapi Masa Depan

13 September 2019 Artikel Pendidikan


Orang tua perlu memahami psikologi anak agar bisa mengatasi permasalahan pada diri buah hati tersayang, misalnya saja kurangnya rasa percaya diri. Hal ini memang perlu dibangun sejak dini agar si Kecil tumbuh menjadi insan tangguh dalam menghadapi permasalahannya kelak. Memiliki anak dengan yang penuh percaya diri tentu menjadi harapan orang tua agar kelak buah hati tercinta bisa bergaul dengan orang disekitarnya. Ada banyak cara untuk membangun rasa percaya diri pada anak. Percaya diri sangat penting bagi setiap orang apalagi usia anak saat masih kecil membutuhkan pembentukan karakter agar mereka dapat menjalani kehidupan kelak ketika dewasa menjadi orang yang lebih kuat dan positif.

Tersenyum

Orang yang percaya diri akan selalu tersenyum menghadapi segala tantangan di dalam kehidupannya, ia memandang segalanya dengan positif dan yang paling utama adalah anak akan belajar untuk mencintai dirinya sendiri. Wajah dan bibir adalah tempat pertama untuk mencitrakan percaya diri. Senyum merupakan gambaran perasaan yang positif, optimis, penuh pengharapan. Belajar untuk tersenyum sesering mungkin dan menyapa lebih banyak teman. Senyum mencerahkan hari-hari Anda dan membuat orang lain merasa lebih baik. Tersenyum dapat memberi perasaan yang bahagia dan menghilangkan segala rasa cemas atau takut. Jika anak sedang cemas menghadapi ujian di sekolah, minta ia banyak tersenyum untuk mengurangi grogi sehingga ia akan lebih berpeluang untuk berhasil.

Fokus pada kelebihan

Tentu saja semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi ajarkan pada anak untuk fokus pada apa yang menjadi kelebihannya. Membuat perubahan positif adalah salah satu cara untuk membangun rasa percaya diri.

Sikap tubuh

Ajarkan anak untuk bersikap dan memiliki postur tubuh yang tegak. Ini adalah ciri orang yang percaya diri. Jangan membungkuk atau menundukkan kepala saat berjalan, di samping kurang sehat untuk tulang punggung, ini juga membuat orang lain merasa tidak tertarik untuk mengenal lebih jauh.

Olahraga

Hanya dengan berolahraga saja, Anda akan merasa lebih percaya diri dalam diri Anda dan Anda akan merasa lebih baik secara mental dan fisik. Maka dari itu, ajak anak untuk terbiasa berolahraga secara teratur. Hal ini juga akan meningkatkan kesehatan seluruh anggota keluarga.

Jadilah Diri Sendiri

Anak di usia remaja, kemungkinan besar memiliki idola yang ia kagumi. Pantas jika ia berlaku demikian, karena pada usia ini mereka sedang mencari jati diri. Jika hal ini terjadi, terangkan kepada mereka bahwa memiliki idola itu baik, tetapi setiap orang adalah unik, penting adanya untuk tidak meniru semua yang idola mereka lakukan.

Tantangan di masa depan akan selalu menghadang, tetapi dengan cara berpikir yang positif serta rasa percaya diri, tentu saja semuanya dapat dilalui dengan lebih mudah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)