Pentingnya Melakukan Budaya yang Baik di Lingkungan Keluarga

22 April 2017 Artikel Pendidikan


Anda sebagai orang tua merupakan pendidik sekaligus guru pertama anak-anak di lingkungan keluarga. Dikatakan demikian karena anak lahir, tumbuh dan berkembang di dalam keluarga. Anak mendapat pendidikan dengan kedua orangtuanya pertama kali di lingkungan keluarga.Orangtua memang tidak mengajari anak dengan berbagai disiplin ilmu. Tetapi orang tua menanamkan nilai-nilai sikap dan karakter baik kepada anak-anaknya. Halini dapat dilakukan melalui tradisi dan kebiasaan yang baik atau budaya yang baik di lingkungan keluarga.

Berikut beberapa budaya baik yangperlu di ajarkan kepada anak sejak dini: .
1. Budaya baca dan menulis

Dua budaya ini saling berkaitan. Budaya membaca berhubungan dengan penambahan pengetahuan dan wawasan anak. Sedangkan budaya tulis berhubungan dengan penyampaian ilmu pengetahuan dan gagasan anak melalui bahasa tulisan. Kelak anak akanterlatih dan terbiasa untuk membaca dan menulis sesuatu yang bermanfaat.

2. Budaya antri
Jangan menganggap enteng budaya antri. Anak yang sudah terbiasa dengan antri atau menunggu giliran, kelak akan terbiasa melakukan antri di tempat umum. Tidak mau menyelonong atau melanggar hak orang lain. Ini artinya anak dapat menghormati hak dan kepentingan orang lain di tengah masyarakat.

3. Budaya hemat
Budaya hemat di lingkungankeluarga bukan berarti Anda selaku orang tua mendidik anak untuk bersikap pelit. Melainkan Anda mendidik dan melatih anak untuk menggunakan sesuatu sesuai kebutuhan.

4. Budaya mengalah
Budaya mengalah disini bertujuan untuk mencegah timbulnya konflik secara bijaksana. Mengalah bukan berarti Anda kalah, tetapi mundur untuk menjaga timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian masalah yang lebih parah akibat tidak mau mengalah bisa dihindarkan.

5. Budaya disiplin
Disiplin memang harus dimulai di lingkungan keluarga sejak dini. Disiplin sejak dini akan membuat anak-anak terbiasa disiplin di lingkungan sekolah maupun lingkungan lainnya. Disiplin terhadap waktu, berpakaian dan mentaati aturan serta tata tertib yang berlaku.

Itulah budaya baik yang perlu Anda tumbuhkembangkan secara konsisten dan berkelanjutan di lingkungan keluarga. Mudah-mudahan bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)