Pentingnya Kecerdasan Emosional dalam Kehidupan Sehari-Hari

6 Juni 2016 Artikel Pendidikan


Setiap orang pastinya memiliki potensi dalam diri yang disadari maupun tidak disadari. Dahulu, manusia digolongkan dan membuat standar dalam menentukan kesuksesan melalui Intellegence Question (IQ). Namun, teori ini dipatahkan ketika seorang Psikolog Daniel Goleman mempolulerkan istilah Emotional Question (EQ) atau lebih dimengerti sebagai kecerdasan emosional seseorang dalam mengendalikan diri sendiri, semangat dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi.

Tentu EQ merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan seseorang. Hal ini karena kecerdasan IQ saja tidaklah cukup mewakili seseorang dalam kesuksesan. Seorang yang pintar akademis, jika tidak dibarengi oleh pengendalian emosi yang baik, empati dan rasa sosial hanya menghasilkan individu yang tidak menyenangkan dan cenderung menarik diri.

Lalu aspek apa sajakah yang dimiliki EQ? Individu yang cerdas secara emosional pastinya memiliki sifat menghargai emosi negatif orang lain, sadar dan sabar menghadapi emosi, serta peka terhadap sekitar.Individu yang memiliki EQ yang tinggi sudah pasti menunjukan sifat-sifat seperti lebih mudah berempati, dapat mengendalikan amarah serta bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Nah, lantas bagaimana cara meningkatkan dan melatih kecerdasan emosional? Tentu yang perlu Anda catat adalah pahami dan kenali perasaan Anda sendiri. Setelah itu, tanamkan pada diri Anda agar dapat bertahan dalam situasi sulit, tumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk bangkit dari kegagalan sertatanamkan rasa hormat pada orang lain.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)