Pentingnya Bertetangga

15 November 2014 Artikel Pendidikan


Pada dasarnya, manusia memiliki sifat alamiah sebagai makhluk sosial atau selalu melakukan interaksi dengan orang lain. Demikian pula ketika kita berada pada suatu lingkungan tempat tinggal. Tetangga bisa menjadi bagian dalam keluarga Anda. Di saat Anda sakit atau terkena musibah, merekalah orang terdekat yang bisa menolong Anda. Oleh karena itu, jalinlah hubungan harmonis dengan tetangga, hindari pertikaian, apalagi tidak ingin saling mengenal. Anda yang masih bingung harus memulai dari mana hubungan harmonis dengan tetangga, ataupun baru pindah ke lingkungan baru.

Beberapa tips keluarga ini mungkin bisa membantu Anda:
1. Jangan mengurung diri
Berkebun, membersihkan kendaraan ataupun membersihkan jalanan di depan rumah, semua itu dapat membuat Anda mengenal tetangga di lingkungan sekitar. Hindari kegiatan mengurung diri di rumah dan mulailah bersosialisai.

2. Mengikuti rapat
Pernah mendengar Karang Taruna? Mengapa Anda tidak mencoba mengikuti kegiatan tersebut. Atau mengikuti rapat RT/RW agar lebih mengenal orang-orang di sekitar. Bisa juga mengikuti kegiatan di tempat peribadatan sekitar rumah, arisan, dan kegiatan lainnya.

3. Berolahraga di sekitar lingkungan rumah
Olahraga murah meriah dan mampu menjalin hubungan baik dengan orang di lingkungan tempat Anda tinggal, lari pagi atau sekedar jalan-jalan merupakan jawabannya. Mulailah joging atau sekedar jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah, lalu menyapa orang-orang yang Anda temui. Dengan begitu dapat mengenal siapa saja tetangga Anda.

4. Jangan segan meminta bantuan
Anda kesulitan dalam mengecat pagar, tembok atau membetulkan atap rumah? Jangan segan untuk meminta tolong tetangga. Namun usahakan jangan meminta bantuan untuk melakukan pekerjaan yang berat. Dan jangan lupa untuk menghidangkan minuman atau makanan sebagai ucapan terima kasih.

Walaupun Anda tinggal di apartement atau komplek perumahan, tidak ada salahnya untuk menyapa atau sekedar tersenyum saat berpapasan dengan tetangga. Semoga tips keluarga kali ini bisa membantu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)