Pentingnya Aktivitas Short Briefing Sebelum dan Setelah Pelajaran di Sekolah

30 Agustus 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


"Short Briefing"adalah aktivitas di mana guru kelas dan siswa bisa saling bertemu dan bercakap-cakap dalam suasana yang santai dalam sebuah lingkaran kecil. Bernyanyi bersama, berbagi cerita, dan aktivitas menarik lainnya bisa dilakukan di saat "short briefing" ini. Waktu yang diperlukan untuk melakukan aktivitas ini bisa 10 hingga 15 menit, dan dilakukan sebelum pelajaran dimulai, atau pun seusai pelajaran sekolah (sebelum jam pulang sekolah). Mengapa aktivitas "short briefing" ini perlu dilakukan di sekolah?

1. Mempersiapkan Siswa untuk Menerima Pelajaran

Ada kalanya siswa masih mengantuk karena bangun kesiangan atau karena tidur terlalu larut malam. Aktivitas "short briefing" ini bisa diisi dengan aktivitas yang membangkitkan semangat anak, misalnya dengan melakukan senam pendek, bernyanyi, dan lainnya.

2. Mengingatkan Aturan Kelas yang Masih Sering Dilanggar Siswa

Berbicara di kelas, jalan-jalan di kelas tanpa izin, dan pelanggaran-pelanggaran sederhana yang biasa dilakukan di kelas bisa diingatkan lagi kepada siswa dalam aktivitas "short briefing" ini. Dengan mengingatkan siswa tentang aturan-aturan di kelas, diharapkan siswa akan dapat mengikuti pelajaran dengan lebih tertib.

3. Menyelesaikan Permasalahan yang Ada di Kelas

Bila ada permasalahan yang terjadi di kelas dan belum sempat dieselesaikan saat pelajaran, kita bisa meminta siswa membahas permasalahan ini saat aktivitas "short briefing" sebelum pulang sekolah. Karena bila mengambil waktu di jam pelajaran akan merugikan siswa, bisa-bisa mereka jadi ketinggalan pelajaran.

4. Sarana Berekspresi

Ada kalanya ada siswa yang ingin menceritakan aktivitas mereka di luar sekolah. "Short briefing" adalah saat yang tepat. Dalam aktivitas ini para siswa akan diberi kesempatan untuk menceritakan aktivitas mereka, misalnya aktivitas saat liburan, atau terkadang diisi dengan "sharing" permasalahan pribadi (curhat).

5. Sarana Belajar Bermusyawarah

Beberapa siswa terlihat pemalu dalam mengemukakan pendapatnya saat pelajaran. Saat aktivitas "Short Briefing" anak-anak yang pemalu tersebut biasanya akan lebih berani. Pada saat mereka mau mengemukakan pendapatnya di aktivitas ini, seorang guru perlu memberikan pujian dan motivasi, sehingga diharapkan saat pelajaran pun mereka menjadi lebih berani dan percaya diri dalam mengemukakan pendapat.

6. Mengingat Kembali Pelajaran yang Dipelajari

Seorang guru bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang materi pelajaran di aktivitas ini. Sehingga siswa pun semakin memahami materi apa saja yang dirasa masih perlu dipelajari oleh siswa dengan lebih giat. Saat aktivitas inilah guru juga memberikan informasi kepada siswa tentang topik apa saja yang dirasa masih kurang dipahami oleh siswa.

7. Sarana Berefleksi

Aktivitas ini biasa dilakukan di akhir pelajaran. Siswa diperkenankan untuk melakukan refleksi tentang aktivitas yang telah dilakukan hari itu. Apakah mereka bisa mengikuti pelajaran dengan baik, apa kesulitan mereka pada mata pelajaran tertentu, apa kesalahan yang mereka lakukan sepanjang hari, dan yang terpenting apa yang perlu mereka lakukan di hari selanjutnya, adalah beberapa contoh pertanyaan refleksi yang bisa mereka ungkapkan.

Bagaimana pun aktivitas "short briefing" ini sangat penting dilakukan di setiap sekolah. Setidaknya dengan adanya aktivitas ini, hubungan antara guru kelas dengan siswanya pun menjadi semakin erat. Walaupun resiko yang harus ditanggung guru adalah ia harus bisa berkomitmen hadir di sekolah minimal 30 menit sebelum pelajaran dimulai, sehingga ia punya waktu 15 menit untuk mempersiapkan apa saja yang perlu disampaikan di acara "short briefing" ini. Bila aktivitas ini belum dilakukan di sekolah anda, silakan sesekali dilakukan, supaya anda bisa semakin dekat dengan anak-anak didik dan anak-anak didik pun menjadi semakin siap dalam menerima materi pelajaran.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)