Pentingnya Aktifitas Fisik pada Anak

21 Desember 2015 Artikel Pendidikan


Ketika anak berada dalam masa pertumbuhan, sangat penting baginya untuk rajin melakukan aktifitas fisik. Meskipun terkadang aktifitas beresiko membuat anak-anak terluka dan membuat energi mereka terkuras, namun sebenarnya kegiatan tersebut akan membuat pengembangan diri anak menjadi lebih optimal. Adalah penting untuk mendorong aktivitas fisik anak, contohnya bermain di luar rumah. Hal ini berguna untuk meningkatkan koordinasi motorik dan mengajari anak berinteraksi sosial.

Psikolog anak, Nadya Pramudita, mengatakan, aktifitas fisik memiliki manfaat fisik dan psikologis terhadap anak. Mau tahu apa saja manfaatnya? Manfaat aktifitas fisik untuk fisik anak antara lain, bisa menjaga berat badan. Kemudian, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan risiko diabet dan beberapa jenis kanker.

Sementara manfaat aktivitas fisik secara psikologis untuk anak adalah bisa membantu mengontrol kecemasan dan depresi. Selain itu bisa pula untuk perkembangan (interaksi) sosial, ekspresi diri, tingkat percaya diri.

Sekarang ini, sangat susah untuk menemukan ruang publik yang memungkinkan untuk pengembangan kegiatan olahraga dan aktifitas fisik lainnya. Oleh karena itu, orang tua perlu untuk memberikan anak-anak pilihan: membawa mereka ke taman, pantai, lapangan atau tempat lain yang cocok bagi mereka untuk melepaskan semua antusiasme seperti melompat, berlari, bergerak dan bermain kotor.

Jangan lupa, penting untuk menghormati pilihan anak-anak. Jika mereka tidak suka bermain bola, jangan memaksa. Tawarkan aktifitas lain sebagai pilihan, latihan renang misalnya. Jika anak-anak memilih olahraga yang kompetitif, ajarkan sejak dini tentang tanggung jawab. Bahwa olahraga seperti ini, tentu saja memerlukan latihan keras. Ajarkan juga tentang etika olahraga dan tentang pentingnya bersikap sportif dan menerima kekalahan.

Jangan biarkan anak Anda mengurung diri di rumah, bermain games atau komputer sepanjang hari. Mereka akan malas bergerak dan kehilangan waktu untuk belajar bersosialisasi.

Dengan rutin membiasakan anak bergerak aktif, maka akan meningkatkan perkembangan psikis, kognitif, afektif pada anak-anak serta remaja, yang dapat menunjang prestasi di masa depan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagi sumber)