Penting! Ini Kebiasaan yang Harus Diajarkan pada Anak

28 Maret 2019 Artikel Pendidikan


Mengajarkan kebiasaan baik pada anak harus dilakukan sejak usia dini. Hal ini karena kebiasaan baik akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif, emosional dan fisik anak. Semua kebiasaan yang diajarkan pada anak akan terbawa sampai dewasa dan akan membentuk karakter serta kepribadian anak. Kebiasaan anak merupakan cerminan dari teknik pengasuhan orangtua. Orangtua harus mengajarkan kebiasaan baik pada anak dan memberikan contoh yang bisa menjadi panutan bagi anak-anak. Perlu Anda ketahui kalau anak-anak mempunyai kemampuan dalam mempelajari setiap hal yang mereka lihat. Oleh karena itu Anda sebagai orangtua harus menjaga sikap dan kebiasaan di depan anak-anak supaya tidak menimbulkan contoh yang buruk bagi mereka.

Berikut beberapa kebiasaan penting yang harus diajarkan pada anak:
1. Kebersihan


Sebagian orangtua tahu betapa sulitnya menanamkan kebiasaan untuk selalu menerapkan pola hidup yang bersih. Mungkin perlu lebih banyak waktu untuk mengajarkan anak tentang kebersihan seperti rajin madi, menggosok gigi dan lain sebagainya. Anda hanya perlu bersabar dan konsisten atas apa yang Anda ajarkan kepada anak Anda, selain itu berikan pula pemahaman bahwa mengapa mereka harus menjalani hal-hal tersebut.

2. Kebaikan

Penting sekali mengajarkan segala tentang kebaikan kepada anak, agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik tidak keras. Ajarkan pada anak, tidak peduli seberapa buruk perilaku orang, kita harus melawannya dengan kebaikan.

3. Sopan Santun

Hal selanjutnya yang harus diajarkan pada anak adalah tentang sopan santun atau perilaku yang baik. Lihatlah disekitar Anda, Anda akan mendapati bahwa saat ini bukan saja anak-anak yang kurang mengetahui makna sopan santun, bahkan orang dewasa sekalipun terkadang kurang memahaminya. Anak-anak selalu belajar dari manapun mereka bisa, baik dari lingkungan maupun dalam keluarganya. Untuk itu, penting sekali memperlihatkan sikap yang baik dan sopan santun agar mereka dapat belajar mengikuti perilaku tersebut.

4. Belas Kasih

Tidak lengkap rasanya menanamkan kebaikan kepada anak-anak tanpa mengajarkan pelajaran berharga tentang kepedulian atau rasa belas kasihan. Mengajarkan anak untuk selalu peduli dan berbelas kasih terhadap sesama terutama mereka yang membutuhkan akan membuat anak menjalani kehidupan yang lebih baik. Anak-anak perlu diberikan pemahaman untuk dapat belajar memahami orang lain. Bicaralah dengan anak Anda dan ajarkan mereka untuk melihat sesuatu dari sudut pandang oranglain. Jika Anda berhasil menerapkan pelajaran ini, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang selalu menolong sesama dan sebagai imbalannya, mereka akan dicintai oleh banyak orang.

5. Tanggung Jawab

Mengajarkan anak tanggung jawab pada anak adalah hal yang penting. buatlah anak agar dapat mengambil tanggung jawab atas segala tindakan yang mereka perbuat. Dengan demikian, kebiasaan ini diharapkan dapat tertanam hingga anak berusia dewasa dengan demikian mereka akan lebih menghargai hidup dan menghargai orang lain.

Mengajarkan kebiasaan baik pada anak sangat penting untuk dilakukan sejak dini karena anak kecil masih mudah untuk diarahkan. Apabila kebiasaan baik tidak ditanamkan sejak dini maka anak akan cenderung lebih sulit untuk diarahkan dan bersikap baik ketika sudah dewasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)