Pendidikan Karakter Perlu Motivasi

10 Mei 2010 Artikel Pendidikan


Digelarnya acara Gebyar Aksi Karakter Siswa Indonesia (Gebyar AKSI) oleh Kemendiknas RI, Jumat (7/5/2010), ini diharapkan mampu menjadi wahana siswa SMA untuk menggali, mengekspresikan, dan mengaktualisasikan kreativitas dan karakternya dalam bentuk dan sikap.
Ketua Panitia Gebyar AKSI Muchlis Catio menjelaskan, tujuan program ini adalah untuk membangun karakter bangsa unggul dalam berfikir dan etis dalam bertindak. Dalam kegiatan ini para siswa didampingi guru-guru pembimbing OSIS untuk menjalani kegiatan yang membuka wawasan mereka mengenal budaya daerah.

Selain itu, siswa juga mendapat motivasi untuk pengembangan diri yang seimbang. Kegiatan lainnya adalah membangun apresiasi kebangsaan, menunjukkan kreativitas, membangun aksi kepedulian, serta kunjungan ke situs representasi budaya.

Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Suyanto mengatakan, program ini penting untuk membentuk karakter yang mulia. "Dalam pendidikan karakter selain berisi pengetahuan juga pembiasaan untuk menghasilkan karakter yang baik," ujar Suyanto.

Adapun kegiatan Gebyar AKSI diresmikan hari ini, Jumat (7/5/2010) dan akan berlangsung sampai Rabu (12/5/2010) di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur.

sumber: kompas.com