Pembelajaran Calistung di PAUD, Bolehkah?

11 Oktober 2018 Artikel Pendidikan


Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kerap kali terjadi suatu perbedaan di beberapa tempat. Pembelajaran calistung (membaca, menulis dan berhitung) kadang ada dibeberapa PAUD yang sudah melatihkannya. Tentunya dengan metode yang beragam.

Apakah pembelajaran calistung di PAUD boleh diajarkan? Pertanyaan ini mungkin kerap kali muncul dibenak kita. Bila kita telisik lebih lanjut lagi, PAUD merupakan tempat pendidikan bagi anak usia dini. Anak-anak yang belajar di PAUD adalah anak yang masih pada tahapan anak yang sedang berkembang dan butuh stimulus. Stimulus yang tepat untuk anak usia dini adalah bermain.

Dalam kasus pembelajaran calistung yang mulai diperkenalkan di pendidikan PAUD itu boleh saja, apabila calistung tersebut merupakan hasil akhir dari sebuah kegiatan yang menyenangkan dan berpusat pada anak.

Intinya pengajaran membaca, menulis dan berhitung itu jangan diajarkan secara langsung atau kaku. Tetapi menyisipkan keterampilan tersebut pada kegiatan permainan yang menyenangkan. Misalnya dengan mengajak anak menyusun gambar bebek, lalu mereka belajar menghitung bebek tersebut. Atau bisa juga belajar mewarnai huruf-huruf. Yang terpenting dalam pembelajaran di PAUD adalah menanamkan pada anak kemampuan bersosialisai, saling memghargai dan hidup bersama.

Jadi marilah kita biasakan anak-anak kita dalam pembelajaran yang menyenangkan. Dan buat mereka agar terbiasa untuk bersikap yang sesuai dengan norma yang berlaku sejak dini. Semoga pendidikan anak usia dini (PAUD) tidak menjauhkan anak dari dunia mereka.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)