Artikel Pendidikan
16 September 2009

Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa Sekolah Dasar

Memasuki dunia internasional, dibutuhkan banyak keunggulan diantaranya penguasaan Bahasa Inggris. Namun dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang selama ini telah dijalankan di sekolah dasar, ternyata ada hambatan.
PENGUASAAN Bahasa Inggris merupakan kebutuhan di berbagai level. Mulai level pendidikan TK, SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Bahasa Inggris jadi semakin dekat dengan Indonesia dengan banyak cara. Mulai dari teknologi informasi, ekonomi, sampai dengan urusan gaya hidup. Pembelajaran Bahasa Inggris untuk sekolah dasar, telah ada pada kurikulum 1994. Namun lebih dikembangkan pada kurikulum 2004.
Penekanan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa SD adalah pembelajaran yang harus dibuat menyenangkan untuk anak didiknya. Bukan malah membuat anak-anak merasa terbebani. Selain metode pembelajaran melulu berisi tentang penguasaan gramatikal, budaya malu pun sehingga sebagai penyebab kesulitan aplikasi pada kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran Bahasa Inggris yang melulu berupa gramatikal hanya akan memberikan rasa bosan dan jenuh. Sebaliknya dengan metode pendekatan melalui percakapan antar-teman, murid dengan guru atau anak dengan orangtua akan memberi warna yang menarik dalam mengembangkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Permasalahan lain yang timbul adalah masalah dialek. Perbedaan dialek yang terjadi pada setiap ragam bahasa di Indonesia akan menjadi ciri khas yang tidak mungkin diabaikan. Ketika Bahasa Inggris diucapkan murid di Jawa Barat, Yogya bahkan di Jakarta akan selalu menciptakan bahasa berdialek. Namun itu bukan menjadi hambatan.

Rasa kurang percaya diri pada siswa yang sering menghambat kemampuan berbahasa. Beberapa sekolah swasta di Medan sudah banyak yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Apa salahnya jika kita mulai membiasakan siswa berbicara dalam Bahasa Inggris sejak di bangku SD. Sebab ala bisa karena biasa. Penerapan ini tidak bertentangan dengan kurikulum, terbukti dari Direktorat Pembinaan TK dan SD, PPPG Bahasa, Pusat Kurikulum dan Pustekkom Depdiknas.

Mereka telah mengundang beberapa pihak terkait untuk menyamakan persepsi tentang langkah pembelajaran bahasa Inggris untuk sekolah dasar. Dalam mengembangkan pembelajaran, sekolah swasta dianggap dapat berperan sebagai trend setter dan trade mark.
Guru Bahasa Inggris harus selalu mencari teknik dan metode yang tepat untuk memperkaya kegiatan Bahasa Inggris di sekolah. Kepada orangtua, hendaknya menyiapkan diri menjadi sparing partner dalam berkomunikasi. Kita harus mendekatkan diri siswa dengan Bahasa Inggris. Selain itu berusaha membuat siswa mampu berbicara dalam Bahasa Inggris. ()

Oleh:
Dra Hevy Anna Lubis
Kepala SD Namira Medan

Sumber: Hariansumutpos.Com

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris