Pelatihan Cinta Budaya pada Anak

26 Januari 2010 Artikel Pendidikan


Sarana pendidikan anak sekaligus menghibur sudah banyak jumlahnya, namun sudahkah Anda berkunjung ke Saung Angklung Udjo di jalan Padasuka Bandung?

Jaraknya tak jauh dari alun-alun kota Bandung, sekitar 6 kilometer atau sekitar 100 meter dari Terminal Cicaheum. Di tempat ini Anda bisa memanjakan anak-anak dengan permainan khas Indonesia dari ranah Sunda, angklung.

Pada umumnya pengunjung datang untuk berlibur sekaligus mengikuti pertunjukan angklung langsung di saung. Namun ada pilihan kegiatan lain, yakni mengikuti pelatihan seni budaya Sunda yang sudah menjadi program Saung Angklung Udjo (SAU).

"Tak hanya belajar angklung, Saung Udjo juga punya pelatihan seni budaya khas Sunda lainnya seperti silat," papar Taufik Hidayat Udjo, putra kesembilan dari Udjo Ngalagena.

Taufik, selaku Chief Executive Officer, generasi kedua SAU, mengatakan sejak enam tahun terakhir, SAU bekerjasama dengan Departemen Luar Negeri mengadakan program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) dengan memberikan pelatihan selama tiga bulan bagi warga negara asing. Misi lainnya adalah juga meningkatkan kunjungan turis asing yang sempat sungkan datang sejak kerusuhan Mei 1998.

Setiap harinya, anak-anak yang tinggal di kawasan jalan Padasuka terutama sudah menjadikan latihan angklung sebagai jadwal rutin tanpa biaya.

"Bahkan internet kalah pamor dengan jadwal latihan angklung di sini," ujar Taufik saat ditemui Kompas Female usai mengisi workshop Wirausaha Mandiri di Jakarta.

Saung Angklung Udjo memang mengusung program pendidikan yang dikemas dalam nuansa seni budaya. Aktivitas edukasi di antaranya:
Seminar dan workshop
Training
Program magang
Penelitian seni budaya Sunda
Dokumentasi seni dan budaya

Bahkan untuk training, Saung Angklung Udjo memiliki silabus khusus untuk mempelajari angklung. Model pendidikan di saung angklung ini memang menyasar lebih kepada anak-anak sebagai bentuk pelestarian dan regenerasi budaya kepada anak usia dini.

Jadi, bagi Anda yang ingin datang secara personal, keluarga, maupun lembaga pendidikan sekolah, pilih program yang tepat untuk melatih anak cinta budaya lokal. Belajar sekaligus berlibur disukai anak-anak bukan?
C1-10/Editor: din

Sumber: Kompas.Com