Nilai Penting yang Wajib Diajarkan Orang Tua kepada Anaknya

1 April 2019 Artikel Pendidikan


Setiap orang tua tentu merasa bahagia bila melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang pandai dan cerdas. Namun, kepandaian dan kecerdasan intelejensia saja tidaklah cukup. Orang tua juga perlu mengasah kecerdasan emosional anak dan membekali anak-anaknya dengan nilai-nilai kepribadian yang positif, agar si anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berjiwa besar. Pribadi yang mampu bertanggung jawab atas kepandaian dan ilmu yang dimilikinya. Pribadi yang mampu bertanggung jawab dalam setiap tindak tanduknya agar bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Karena itu sebagai orang tua harus bisa mengenalkan dan menamkan nilai-nilai moral bagi anak, lalu apa sajakah nilai-nilai penting yang wajib orang tua ajarkan pada anak?

Agama
Agama adalah landasan pokok hidup manusia, karena itu sangat penting menanamkan ilmu dan pemahaman agama terhadap anak. Agama sebagai penuntun dan pembimbing manusia agar selalu berbuat baik dan benar. Jika nilai agama sudah tertanam pada anak, anak maka akhlak yang baik pun akan tercipta pada diri anak tersebut.

Kejujuran
Tanamkan nilai kejujuran, jangan berbohong meskipun terhadap hal-hal yang dianggap sepele atau ringan, ajarkan kepada anak untuk setiap situasi dan kondisi menjujung nilai kejujuran. Berikan pemahaman bahwa kejujuran adalah suatu hal yang sangat penting untuk menjalani hidup dengan orang lain. Berikan pula contoh kecil melalui perilaku hingga anak dapat memahaminya dengan mudah.

Disiplin
Menanamkan kedisiplinan pada anak merupakan salah satu kunci agar anak sukses dalam hidupnya. Melakukan segala hal sesuai waktu dan kondisinya yang tepat, hingga banyak hal yang bisa anak lakukan jika waktu yang digunakan adalah produktif. Karena kedisiplinan erat kaitannya dengan waktu.

Kepercayaan diri
Kepercayaan diri perlu ditanamkan agar anak memiliki keyakinan dalam setiap bertindak. Tentu bertindak dengna hal-hal yang positif tanpa ragu, hal ini dilakukan dengan support atau dukungan orang tua dengan memberikan kepercayaan terhadap setiap tindakan yang anak lakukan yang tentunya masih dalam lingkup pengawasan orang tua.

Tanggung jawab
Setiap perbuatan tentu ada konsekuensinya inilah yang harus ditanamkan pada anak, buat dia bertanggung jawab terhadap apa yang telah diperbuatnya. Misalnya, meminta maaf saat melakukan kesalahan merupakan salah satu bukti tanggung jawab anak terhadap perbuatannya.

Itulah beberapa nilai penting yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya, hingga anak bisa tumbuh dengan memiliki morak, akhlak, serta karakter yang baik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)