Mudik Naik Motor? Ini yang Perlu Diperhatikan

26 Juli 2014 Artikel Pendidikan


Mudik dengan motor menjadi pilihan banyak orang karena murah meriah dan tidak terlalu terjebak macet. Tapi jangan salah berkendara motor jarak jauh juga perlu persiapan. Saat ini masih banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor kurang memperhatikan keselamatan diri sendiri. Akibatnya angka kecelakaan pemudik sepeda motor terus meningkat.

Jika tidak ingin terhindari dari kecelakaan, haruslah mematuhi peraturan rambu lalu lintas dan berperilaku baik di jalan. Selain itu pastikan menggunakan alat pengaman seperti helm, sarung tangan serta sepatu. Di luar itu selain servis motor, memperhatikan kelistrikan motor dan perhatikan grip ban, ternyata masih banyak indikasi yang membuat aktivitas mudik kita lebih nyaman.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat mudik naik motor:

1. Siapkan fisik dan mental

Sebelum mudik, ada baiknya mengecek kesehatan. Pastikan Tubuh dalam kondisi yang fit. Jika ternyata dalam perjalanan jatuh sakit, pilihlah obat yang nyaman. Hindari penggunaan obat yang memiliki efek samping mengantuk. Perjalanan mudik identik dengan macet dan penuh. Di sinilah mental harus disiapkan. Jangan terlalu mudah marah dan terpancing emosi.

2. Jangan bawa barang berlebihan
Kendaraan motor bukan mobil yang bisa menampung barang bawaan banyak. Membawa barang dengan mobil saja ada aturannya apalagi sepeda motor. Bawa barang secukupnya saja. Jika ingin lebih aman, gunakan box yang diletakkan di belakang motor. Nah, apabila Anda salah satu yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan motor, hendaklah perhatikan keselamatan penumpang.

3. Perhatikan kendaraan
Hampir semua bengkel mengimbau untuk mengecek kendaraan sebelum berangkat. Seminggu sebelum Lebaran, banyak bengkel resmi yang buka selama 24 jam. Pilih waktu untuk mengecek keadaan kendaraan. Usahakan jangan mengecek terlalu dekat dengan waktu pulang kampung. Karena bisa saja ternyata kendaraan Anda bermasalah dan membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki.

4. Patuhi rambu lalu lintas
Memang ini salah satu imbauan yang paling sering didengar, dan juga paling sering dilanggar. Jangan karena ingin cepat sampai kampung halaman tercinta, Anda dengan mudah melanggar rambu yang ada. Ini bisa menyebabkan kecelakaan, yang merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Semakin banyak yang melanggar rambu, akan semakin berantakan keadaan di jalan. Semakin lama pula sampai di kampung karena perjalanan jadi makin macet.

5. Istirahat
Jangan memaksakan diri. Setiap orang ada batas masing-masing. Sayangi diri Anda dengan beristirahat dengan cukup selama perjalanan mudik. Jangan tunda makan jika sudah terasa lapar. Juga, jangan tunda tidur jika sudah merasa ngantuk.

Ingat, keluarga tengah menunggu Anda di rumah. Jadi mohon perhatikan semua kemungkinan yang ada. Semoga bermanfaat dan selamat mudik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags