Motivasi Anda Bisa Terbunuh oleh 5 Kebiasaan Buruk Ini Lho!

1 September 2014 Artikel Pendidikan


Motivasi merupakan faktor psikologis yang bersifat non intelektual. Peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan semangat. Dengan demikian seseorang yang memiliki motivasi yang kuat berarti memiliki banyak energi. Motivasi sering dikatakan sebagai penggerak tingkah laku ke arah suatu tujuan yang didasari adanya suatu kebutuhan yang sangat berperan di dalam kehidupan. Meskipun Anda berinterlegensi tinggi mungkin akan gagal dalam melakukan suatu hal karena kekurangan motivasi.

Jika tujuan Anda yang paling penting dalam hidup untuk menjadi sukses dan mencapai semua impian, maka Anda harus hati-hati dengan kebiasaan buruk yang bisa membunuh motivasi Anda. Bakat Anda menentukan apa yang dapat di lakukan. Motivasi Anda menentukan seberapa banyak Anda bersedia untuk melakukannya, sikap adalah menentukan seberapa baik Anda melakukannya.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari:

1.Membandingkan diri dengan orang lain

Hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain jika Anda ingin sukses, karena dengan melakukan hal itu Anda akan dengan mudah kehilangan semua motivasi dan Anda juga akan merasa sangat putus asa. Jaga tujuan dalam pikiran Anda dan jangan biarkan apapun mengalihkan perhatian Anda mencoba untuk mencapai impian Anda.

2.Terlalu banyak menunda

Ini adalah kebiasaan yang menjebak karena Anda bahkan tidak menyadari bahwa Anda melakukannya sampai segalanya terlambat dan Anda tidak punya waktu lagi untuk mengurus tugas-tugas Anda. Jangan biarkan itu mempengaruhi motivasi Anda.

3.Tidak mendapatkan istirahat yang cukup

Dengan melakukan ini Anda akan merasa labih segar. Anda dapat berkonsentrasi lebih baik pada tugas-tugas Anda dan merasa lebih efisien. Saat Anda bekerja jangan lupa untuk istirahat sehingga Anda akan dapat menyelesaikan semua pekerjaan Anda tanpa kehilangan semua motivasi Anda.

4.Tidak percaya pada diri sendiri

Dengan meragukan diri sendiri, Anda hanya akan membuang waktu dan energi Anda tanpa melakukan hal apapun untuk mencapai tujuan. Percaya pada diri sendiri, pada kemampuan, belajar mencintai dan menerima diri Anda apa adanya. Jika Anda bekerja cukup keras dan memiliki keyakinan dalam kemampuan Anda, tidak ada yang tidak bisa dicapai.

5.Melakukan banyak hal sekaligus

Hal ini bisa sangat melelahkan kadang-kadang karena begitu menuntut dan Anda akan merasa stress karena tidak dapat melakukan apapun dengan benar. Jadi jika Anda memiliki tugas untuk diselesaikan fokus dan selesaikan masing-masing pekerjaan dalam waktu yang berbeda.

Kenali dan hindari kebiasaan buruk yang dapat membunuh motivasi Anda sehingga tidak mencegah Anda dalam mencapai tujuan dan memenuhi impian Anda.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags