Minder dengan Penampilan Anda? Ingatlah 5 Hal Ini!

16 November 2014 Artikel Pendidikan


Setiap orang pasti pernah mengalami minder dengan penampilan. Entah itu merasa terlalu kurus, gemuk, kulit kusam, atau kurang cantik dibandingkan orang lain. Memang penampilan selalu menjadi pusat perhatian bagi orang, apalagi dengan lawan jenis.

Banyak cara agar rasa minder hilang, seperti merubah penampilan. Banyak artis yang tidak puas dengan penampilannya lalu melakukan perawatan kecantikan yang mahal. Bahkan ada yang sampai operasi plastik.

Sesungguhnya, menyadari kekurangan diri sendiri merupakan hal yang baik, sehingga kita tidak menjadi sombong dan narsis. Rasa kekurangan tersebut juga dapat menjadi dorongan untuk lebih rajin merawat diri, memperhatikan pola makan, dan hal positif lainnya. Namun, jangan sampai kesadaran tersebut malah membuatmu merasa tidak nyaman bahkan membenci diri sendiri dan akhirnya depresi.

Anda tidak perlu mengubah penampilan sampai operasi plastik untuk mengatasi rasa minder. Cukup dengan membangkitkan rasa percaya diri dengan mengingat hal berikut:

Setiap orang pasti mempunyai kekurangan masing - masing

Semua orang di dunia dilahirkan tidak sempurna. Mereka memiliki kekurangan yang berbeda - beda. Bahkan seorang model pun masih membutuhkan photoshop agar foto yang dihasilkan terlihat sempurna. Ketidaksempurnaan kita menjadikan kita pribadi yang unik dari yang lain.

Penampilan bukan segalanya

Usaha apapun yang kamu lakukan tidak akan mengubahmu jika tidah membuang penilaian negative tentang diri sendiri. Semua pakaian bagus, make - up, dan style rambut untuk menutupi kekuranganmu tidak ada gunanya bila kamu masih berkeyakinan "Tak akan berhasil membuat diriku menarik".

Ada yang lebih tidak sempurna

Mungkin kamu suka minder dan mengeluh saat melihat orang lain yang lebih cantik atau cakep. Namun, coba perhatikan orang kurang beruntung dibandingkan kamu. Orang yang mempunyai anggota tubuh tidak lengkap. Seharusnya kamu masih bersyukur dengan lengkapnya tubuhmu.

Buatlah prestasi

Bangun konsep diri yang lebih positif dalam menilai diri. Kenali bakatmu dan coba kembangkan bakat tersebut sampai membuahkan prestasi yang dapat dibanggakan, sehingga kamu tidak perlu terpaku dengan penampilan fisik.

Pribadi yang baik

Kecantikan fisik itu bersifat relatif. Setiap orang memiliki penilaian ‘cantik dan cakep’ versi mereka sendiri. Kebaikan, ketulusan, dan rendah hati adalah hal - hal yang akan memberi nilai lebih pada dirimu dimata orang lain yang sifatnya lebih universal.

Memang ntuk menumbuhkan rasa percaya diri membutuhkan proses yang tidaklah mudah. Tapi cobalah untuk bersabar dan tanamkan keinginan yang kuat untuk mencintai diri sendiri dan hidup nyaman dengan dirimu sekarang!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)