Minat Atas Bidang Studi Guru Sekolah Dasar Meningkat

7 Agustus 2009 Artikel Pendidikan


Haris Supratno, Rektor Universitas Surabaya, menjelaskan untuk calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN) 2009,? peminat strata satu untuk PGSD terutama IPA dan Bahasa Inggris meningkat sekitar 10 di 57 PTN yang menyelenggarakan SNMPTN.

Menurut Haris yang juga Ketua Umum SNMPTN ini, meningkatnya minat calon mahasiswa untuk menjadi guru maupun dosen tampaknya terkait dengan komitmen pemerintah memberikan tunjangan profesi bagi guru dan dosen yang telah memiliki sertifikasi.

Prospek hidup sebagai guru dan dosen makin tercukupi dengan adanya tunjangan profesi dari pemerintah yang mulai diberikan awal tahun dan akan berlanjut pula tahun depan sesuai pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan pokok-pokok Rancangan APBN Tahun 2010 dan Nota Keuangan 2010 pada Rapat Paripurna Luar Biasa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Senin lalu, ungkapnya.

Depdiknas memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp51,8 triliun pada 2010, untuk menuntaskan pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, pemerataan dan perluasan akses pendidikan, serta peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan.

Presiden SBY menyebutkan kenaikan terbesar dari dana perimbangan pada 2010 berasal dari rencana realokasi tunjangan profesi dari dana alokasi umum (DAU) dan tambahan untuk tunjangan profesi guru sebesar Rp8,9 triliun.

Rencana realokasi tunjangan profesi guru ke dalam DAU mulai tahun 2010 sejalan dengan semangat Peraturan Pemerintah No. 41/2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen.

Hal? menarik lainnya dari tren meningkatnya minat calon mahasiswa memilih program studi PGSD adalah peminat sebagian besar dari masyarakat pedesaan sehingga pihaknya optimistis SDM guru nantinya akan tersebar ke berbagai pelosok.

Haris mengungkapkan pihaknya gembira dengan pernyataan presiden karena kemajuan suatu bangsa sangat tergantung dari kualitas sumber daya manusianya, terutama guru.(yn)

Sumber: Bisnis.Com
http://web.bisnis.com/umum/pendidikan/1id131251.html