Artikel Pendidikan
16 Oktober 2009

Metode Tepis,solusi Geser Hitung Kancing

Soal ujian dengan pilihan ganda (multiple choice) sering kali membuat pusing peserta ujian. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan pihak bimbingan belajar (bimbel) Ganesha Operation (GO),pengerjaan soal saat ujian nasional (UN), metode Tebak Ilmu Pakai Statistik (Tepis) bisa dikerjakan dengan baik.

Bahkan tingkat kebenarannya mencapai 80. Kepala Ganesha Operation (GO) Cabang Medan dan Langsa, Jamso Haryono Pangaribuan mengatakan, Tepis digunakan biasanya untuk menebak jawaban dengan menggunakan ilmu ilmiah dan ilmu statistik. Tepis dilakukan ketika para siswa buntu dengan cara menjawab soal yang memang tidak dapat dikerjakannya lagi untuk pilihan berganda dengan evaluasi.

Evaluasi soal di sini, merupakan penggunaan dari metode Tepis yang beberapa tahun belakangan kami terapkan kepada siswa,ujarnya. Dari survei yang pernah dilakukan, banyak siswa yang mampu menyelesaikan soal ujian dengan waktu yang singkat. Dicontoh Jamso, ada sebuah soal pilihan berganda dengan lima jawaban dari A hingga E. Dimana A adalah -5, B.10, C. seperlima, D.25 dan E.5.

Makanya jawabannya adalah angka yang paling sering disebut,yakni lima,soalsoal ini kan dibuat oleh pembuat soal yang profesional. Dalam UN, ini bisa digunakan tentu dengan evaluasi, dengan tingkat kebenaran mencapai 80. Mungkin beda dengan SNMPTN, dimana tingkat kesulitan soalnya lebih sulit dari UN,jelasnya.

Hilda Sarah Sibarani kelas (TWT-1) di bimbingan belajar GO mengatakan, metode itu sangat membantunya.Apalagi, ketika harus mencoba buntu dengan soal pilihan berganda. Tepis itu, misalnya kita tak tau,tapi kita dapat menebak- nebak dengan metoda Tepis itu,ungkapnya. Dia mengatakan, dari pada menghitung kancing untuk mencari jawaban yang benar, lebih baik gunakan penalaran. (nina rialita)

Sumber: Seputar-Indonesia.Com

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris