Artikel Pendidikan
1 Februari 2010

Metode Pembelajaran: "Mind Mapping" untuk Kuasai Banyak Pelajaran

Metode pembelajaran menggunakan konsep mind mapping sangat cocok jika diterapkan di Indonesia. Konsep ini diharapkan mampu memberi kemudahan bagi siswa dalam menguasai banyak mata pelajaran. Demikian kesimpulan workshop metode pembelajaran mind mapping bagi 200 guru SD, SMP, dan SMA negeri dan swasta se-Provinsi Lampung. Workshop bertempat di aula SMP 4 Xaverius, Kamis (28-1).
Trainer internasional main mapping, Djohan Yoga, berpendapat saat ini kurikulum di Indonesia termasuk dalam kategori kurikulum padat, di mana siswa harus belajar 11-12 mata pelajaran.

"Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan negara-negara yang lebih maju di bidang pendidikannya, paling tidak di sana siswa hanya memperoleh 5 hingga 6 mata pelajaran setiap semesternya," kata dia.

Dengan banyaknya mata pelajaran ini, menurut dia, guru dan siswa dituntut untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang efektif. "Di sinilah letak kecocokan mind mapping jika diterapkan dalam kurikulum di Indonesia," kata dia.

Djohan menjelaskan dengan metode tersebut pembelajaran jadi lebih ringkas, padat, tetapi tetap efektif karena metode ini memfokuskan pembelajaran menggunakan kata kunci.

"Bayangkan, bahan pembelajaran yang tebalnya hingga lima ratus halaman jika menggunakan metode ini dapat diringkas menjadi seratus halaman saja. Jadi meski banyak mata pelajaran tidak akan jadi persoalan bagi siswa," kata Djohan.

Sementara itu, Kepala SMP 1 Al Azhar Labuhanratu, Tupan A.G., mengaku tertarik dengan metode ini. Ia berniat menyosialisasikan metode ini di sekolahnya. "Kita yang sudah tua saja merasa asyik, apalagi anak-anak," kata dia.

Tupan mengatakan keunggulan dari metode ini adalah menggunakan otak kiri dan kanan sekaligus. "Belajar menjadi lebih atraktif dan menyenangkan sehingga tidak membosankan," kata dia.MG14/S-2
Sumber: Lampungpost.Com

Artikel Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris