Metode Berhasil dalam Belajar

13 Januari 2017 Artikel Pendidikan


Cara orang dalam belajar pastilah berbeda -beda. Ada yang belajar sambil tidur -tiduran, menonton televisi, dan belajar jika ada ulangan saja. Hal tersebut untuk belajar sebenarnya kurang efisien dan efektif karena ilmu yang di dapat oleh cara kita belajar akan tidak maksimal. Jika anda ingin benar-benar bisa dalam menghadapi ujian, anda harus mengubah cara belajar anda agar mendapat nilai maksimal.

Belajar adalah rutinitas anda supaya anda menjadi manusia yang berguna di kemudian hari. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat mengubah cara belajar anda agar lebih baik lagi.

1. Membuat catatan

Dengan membuat catatan sesudah pelajaran dan ditambah informasi yang membantu dalam pembelajaran bisa membuat anda mudah mengingat materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

2. Gunakan panduan belajar

Jika anda merasa belum mengerti pada buku teks yang tidak menyediakan panduan studi , anda bisa browsing atau kunjungi situs internet penerbit buku tersebut. Disitu anda bisa menemukan panduan belajar anda atau materi yang lebih jelas sehingga anda mudah memahami buku pelajaran tersebut.

3. Cari kosakata sendiri

Sesudah anda membaca, cobalah cari kosakata yang belum terlalu familiar di telinga anda sehingga jika anda menemukan kosakata yang asing tetapi anda pernah mempelajarinya, anda pasti mudah mengingat kata tersebut

4. Pahamilah silabus anda

Silabus adalah perencanaan pembelajaran apa yang akan anda pelajari nanti. Biasanya silabus ini terdiri dari konsep, kompetensi dan kemampuan yang anda pelajari nanti dikelas sehingga akan dibawa pada tugas-tugas anda selanjutnya. Ketahuilah apa tujuan dari pembelajaran tersebut sehingga anda bisa sukses dalam pelajaran tersebut.

5. Tandai tanggal penting

Jika anda sudah tahu tugas anda yang telah diberikan kepada guru, ambilah kalender dan tandai tanggal kapan tugas tersebut di kumpulkan. Dengan menandai tanggal, anda dapat membuat strategi kapan anda harus mengerjakan tugas tersebut. Selain itu bawalah catatan untuk mengetahui cara mengerjakan tugas tersebut.

6. Sering membaca materi

Terkadang membaca buku teks tana ada gambar yang mendukung akan membuat anda jenuh bahkan mengantuk padahal itulah kunci penting untuk kesuksesan. Agar anda tidak merasa jenuh, cobalah anda ambil penggaris dan spidol atau pulpen untuk mengarisbawahi kata penting yang erat kaitanya dengan pelajaran yang dipelajari. Selain mengurangi kejenuhan juga memudahkan anda mencari kata yang berhubungan dengan pelajaran anda .

7. Praktekan pelajaran yang sudah di pelajari

Cobalah praktekan yang sudah anda pahami dalam pelajaran tersebut dalam kehidupan sebenarnya seperti menjelaskan kepada teman yang belum paham tentang pelajaran yang anda sudah pahami. Sehingga dengan menjelaskan dan menuntun teman , kita dapat mengingat kembali pelajaran tersebut.

Sumber: dikutip dari berbagai sumber