Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

17 Januari 2015 Artikel Pendidikan


Buku adalah jendela dunia, begitu pepatah tentang buku ini akrab didengar. Dengan membaca buku, segala informasi bisa diperoleh. Seringkali rutinitas membaca menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan oleh seseorang setiap hari. Tanpa membaca, rasanya ada yang kurang. Kalau Anda menyadari akan pentingnya membaca hingga menjadikannya sebuah rutinitas sehari-hari, bagaimana dengan anak-anak? Apakah mereka juga dipersiapkan menjadi generasi yang suka membaca?.

Di era teknologi, gagdet dengan segalakecanggihannya, berisi berbagai permainan yang mampu menarik perhatian anak. Efeknya, banyak anak lebih memilih menghabiskan waktu dengan gadget dibanding membaca buku. Padahal, anak yang rajin membaca sejak kecil, berpotensi menjadi anak yang cerdas. Melalui apa yang dibaca, seringkali ia menemukan kosa kata baru yang belum diketahui sebelumnya, lalu ia tanyakan kepada orangtua. Dari sini, tentu berbagai pengetahuan baru pun akan ia dapatkan.Agar anak suka membaca, hal tersebut harus ditanamkan sejak kecil. Bagaimana caranya?

Kenalkan Buku Sejak kecil

Saat ini sudah tersedia beragam buku yang ditujukan untuk bayi usia 0-2 tahun, biasanya berbahan kain atau plastik, penuh warna, dan berisi banyak gambar. Biarkan anak bermain dengan buku pertamanya karena ini adalah langkah awal yang menjadi pendorong agar anak tertarik membaca dan menikmati kegiatan menggunakan buku.

Ajak ke Toko Buku

Mulai usia balita, anak sudah bisa memilih barang yang disukainya, termasuk buku. Ajak anak ke toko buku secara berkala, lalu sesekali ijinkan anak memilih buku yang diinginkannya, atau pilih beberapa buku yang sesuai untuk anak dan biarkan anak memilih salah satunya.

Belikan Buku Sesuai Minat

Membelikan buku sesuai minat adalah salah satu cara efektif membuat anak tertarik pada buku. Misalnya, jika anak menggemari suatu karakter dalam film favoritnya, belikan buku bergambar atau berisi karakter yang sama. Bila anak menyukai pesawat terbang, belikan buku tentang sejarah pesawat terbang.

Jangan Memaksa

Anak lebih suka membaca komik? Jangan terburu-buru melarangnya dan memaksa anak membaca buku lain. Karena hal tersebut justru dapat membuatnya benci pada buku. Biarkan anak tetap membaca buku kesukaannya, sambil perlahan-lahan mengenalkan anak dengan buku jenis lainnya.

Jelaskan Manfaat

Untuk anak yang sudah lebih dewasa, orangtua bisa mulai menjelaskan beragam manfaat dari membaca buku.

Jadilah Contoh

Anak biasa meniru perilaku orangtuanya. Untuk menumbuhkan minat membaca pada anak, mulailah dengan diri sendiri dan membiasakan membaca di depan anak. Anak akan melihat kebiasaan tersebut dan perlahan-lahan akan menirunya.

Selamat membaca!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)