Menjadikan Anak Pribadi yang Optimis

27 Januari 2014 Artikel Pendidikan


Anak yang optimis adalah anak yang percaya diri. Optimis adalah suatu sifat yang baik karena orang yang optimis senantiasa memandang sesuatu dari sisi yang baik. Sifat ini pun memicu timbulnya sikap pantang menyerah dan menjadikan orang lebih tegar dan kuat menghadapi problematika hidup.

Tentu baik jika anak Anda pun memiliki sifat dan sikap seperti ini. Anak dengan pribadi yang optimis selalu percaya bahwa dirinya melakukan sesuatu yang baik, sehingga anak ini tidak akan pernah takut untuk mencoba dan tidak takut gagal serta tidak cepat murung ketika melakukan kesalahan.

Sikap optimistik perlu dipupuk sejak dini dengan bantuan dari Anda sebagai orangtua dan pembimbing atau mentor untuk perkembangan diri anak Anda.

Dalam mendidik anak menjadi pribadi yang optimis, Anda perlu memulainya dari diri Anda sendiri. Berikan contoh bagaimana bersikap optimis dengan menjadi pribadi yang optimis juga. Dengan begitu anak Anda akan mudah belajar dengan mengikuti dan meniru sikap optimis dari Anda.

Seperti yang telah kita ketahui, anak anak membutuhkan semacam role model untuk belajar, karena masa awal pembelajaran anak adalah melalui proses imitasi. Dengan bersikap optimistik, anak Anda pun dapat terpicu dan terpantik untuk ikut serta menjadi pribadi yang optimis. Setelah itu, Anda bisa juga mendidik anak Anda untuk bersikap optimis dengan cara:

Memberi pengertian

Memberi pengertian sangat penting, terutama ketika anak Anda melakukan kesalahan. Jangan bersikap keras pada anak jika Anda ingin anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang optimis. Kita tentu sadar bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang sangat manusiawi dan setiap orang melakukannya, karena tak ada manusia yang sempurna yang bebas dari kesalahan.

Jika suatu ketika anak Anda melakukan kesalahan juga, tegur dan nasehati dengan lembut, karena belum tentu anak Anda sengaja melakukannya. Ajak anak Anda untuk mengobrol baik baik dan ajarkan bahwa yang dilakukannya kurang baik supaya ia tak mengulanginya lagi.

Sebisa mungkin, hindari penggunaan kata kata perintah dan kata kata yang bersifat negatif ketika berbicara atau menasehati anak anda.

Pujian atau penghargaan

Selalu beri pujian jika anak Anda melakukan sesuatu yang baik. Pujian adalah perkataan yang terlihat sepele namun sebenarnya sangat penting untuk Anda berikan, karena dengan memberi pujian anak Anda bisa bersemangat untuk melakukan hal hal baik lagi.

Bila perlu, siapkan penghargaan tertentu, misalnya saja dengan membelikan anak Anda mainan yang dia inginkan atau memasak masakan kesukaannya ketika anak Anda memenangkan lomba atau menjadi juara kelas.

Membandingkan anak

Jangan pernah sekali sekali membandingkan anak Anda dengan anak-anak yang lain, karena hal itu hanya akan menjadikan si anak menjadi kurang percaya diri. Setiap anak istimewa, adalah kalimat yang harus Anda tanamkan baik baik dalam diri Anda dan anak anak Anda.

Jika memang perlu membandingkan, gunakan perbandingan itu hanya untuk membantu anak Anda untuk menumbuhkan sikap kompetitif yang sehat sehingga anak Anda tidak mudah minder dan menjadi takut untuk mencoba dan berusaha.

Menceritakan dongeng dan kisah tokoh tokoh terkenal

Banyak kisah yang dapat Anda ceritakan mengenai sikap optimistik. Anda bisa mulai dari tokoh mana saja yang selalu pantang menyerah dalam mewujudkan cita citanya. Tokoh tokoh penemu merupakan teladan yang bagus untuk diceritakan pada anak Anda sehingga ia pun tahu dan mengerti pentingnya sikap optimistik dan pantang menyerah yang pasti dimiliki oleh para tokoh tokoh luar biasa tersebut.

Kenali dan temukan bakat yang menonjol pada diri anak Anda untuk membuatnya merasa bangga dan memiliki nilai lebih di mata orang lain.

Jadi marilah kita sebagai orang tua, untuk memulainya dari sekarang dan melalui hal-hal kecil. Jadi janganlah kita merasa malu, segan, atau gengsi untuk memotivasi buah hati kita. Apa yang kita lakukan pada anak, akan memperngaruhi karakter dan tentu saja masa depan anak.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)