Menjadikan Anak Cepat Mengambil Keputusan

1 Februari 2014 Artikel Pendidikan


Salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak orangtua dan cukup sering adalah orangtua bingung dengan pilihan yang harus di buat. Sebagai orangtua terkadang tidak bisa membuat anak untuk mengambil keputusan dengan cepat dan benar. Kadang malah orangtua diabaikan oleh anak karena si buah hati tidak bisa diajak berkompromi untuk menentukan keputusan.

Akhirnya orangtua mengalah dan menuruti kemauan anak yang dianggap bukan keputusan yang tepat.

Selalu mengalah dan hanya menuruti kemauan anak tidaklah baik karena tidak selama keputusan yang dibuat anak Anda selalu bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain, bisa jadi suatu saat akan merugikan dirinya dan orang lain.

Berikut ini beberapa cara mengajari anak untuk bisa cepat mengambil keputusan:

Menjadi pengasih

Orangtua sebaiknya menunjukkan contoh sebagai sosok pengasih. Dengan mengasihi anak-anak Anda dan selalu memberikan dorongan positif akan membantu anak Anda dalam menentukan keputusan dengan cepat tanpa ragu-ragu sehingga bisa diandalkan sebagai pengganti Anda kelak dalam membuat keputusan yang tepat.

Selain itu, dengan kepercayaan dari orang tua, anak akan cenderung mengembangkan kemampuannya dengan lebih sempurna.

Belajar dengan meniru

Anak-anak rata-rata memperoleh pelajaran dengan metode meniru dari apa yang mereka pernah dengar atau mereka pernah lihat. Oleh karena itu, sebagai orangtua sebaiknya Anda memberikan contoh dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Sebaiknya Anda menunjukkan sisi positif dari mengambil keputusan dengan cepat dan apa akibatnya jika mengambil keputusan terlalu terlambat serta tidak menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Sudah bisa dipastikan anak Anda akan meniru Anda hingga ke masa depannya.

Belajar dari kesalahan

Anak tidak serta-merta bisa membuat keputusan dengan cepat. Mereka juga kadang membuat kesalahan dalam mengambil keputusan. Orangtua sebaiknya tidak memarahi mereka begitu saja karena di balik kesalahan ini akan ada pelajaran yang bisa diambil.

Agar anak tidak takut mengambil keputusan lagi sebaiknya Anda menunjukan pada mereka apa kesalahan yang telah mereka perbuat, apa penyebabnya dan bagaimana dampaknya serta menunjukkan apa yang seharusnya mereka perbuat.

Dengan begini, anak akan mampu untuk memperoleh kepercayaan diri mereka kembali dan berani dengan cepat mengambil keputusan lagi.

Belajar bertanggung jawab

Biasanya mereka yang sukses dan memiliki tanggung jawab besar terhadap dirinya sendiri, masyarakat, dan pekerjaannya adalah orang-orang yang sudah diajari bertanggung jawab sejak kecil oleh orangtua mereka.

Mengajari anak bertanggung jawab bisa Anda lakukan dengan memberikan tanggung jawab pada anak untu melakukan pekerjaan rumah yang sederhana seperti merawat hewan peliharaan, merawat tanaman, membersihkan kamar sendiri, dan belajar sesuai dengan waktu belajar.

Ini sangat membantu dalam mengambil keputusan dengan cepat karena mereka akan mampu mempertanggungjawabkan pilihannya ini serta memungkinkan mereka mempunyai keinginan berkonstribusi yang tinggi dalam kehidupan sosial.

Memberi contoh sederhana

Orangtua menginginkan anak mereka bisa tumbuh menjadi individual yang mempunyai pikiran dewasa dan mampu dengan cepat mengambil keputusan untuk masa depannya. Hal ini perlu ditanamkan sejak anak masih kecil.

Anda sepatutnya segera memberikan contoh yang menunjukkan betapa pentingnya membuat keputusan yang tepat dan cepat. Anda bisa memulai dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Anda tidak perlu melarang ini dan itu, cukup dengan menjelaskan pilihan baik itu seperti apa, dan yang buruk itu seperti apa.

Tidak perlu juga Anda memberikan mereka hadiah, cukup dengan pujian yang tulus. Ini menghindarkan Anda memanjakan anak dan membuat anak menjadi lebih mandiri, melakukan sesuatu tanpa pamrih.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)