Menjadi Siswa Populer di Sekolah



Menjadi siswa populer itu tidak sebatas pada bergaya keren atau penampilan saja. Ini lebih pada gaya hidup keseluruhan. Mulai dari cara-cara bersikap, prestasi yang menonjol, membangun kepribadian yang penuh percaya diri, keterlibatan dalam berbagai kegiatan sekolah, hingga membuat orang lain menyukai apa saja yang Anda lakukan. Itulah sudut pandang positif dari siswa populer.

Ada juga siswa yang populer karena hal negatif, misalnya siswa yang nakal, suka berkelahi, suka mengganggu teman, dan banyak hal lain yang bisa membuat siswa menjadi populer. Namun, tentunya di sini kita akan membahas popularitas siswa dari segi positif. Sebab akan sangat mudah menjadi populer dalam hal-hal negatif, tanpa harus mempelajarinya.

Mengapa siswa menginginkan popularitas?
1. Pada umumnya siswa ingin menjadi populer karena ingin menunjukkan eksistensi atau keberadaan dirinya. Sehingga tidak heran apabila terkadang siswa menjadi salah dalam mengartikan cara menjadi siswa populer di sekolah tersebut, tanpa adanya arahan yang benar dari orang tua, guru ataupun masyarakat sebagai fungsi kontrol sosial.

2. Manfaat yang didapatkan oleh siswa populer. Tentunya karena menjadi terkenal, banyak kelebihan yang didapatkan. Misalnya mudah untuk mengakses hubungan dengan pihak sekolah, mudah mendapatkan informasi, dihargai oleh semua orang, dan lain-lain. Hal-hal inilah yang nampaknya cukup dominan menjadikan siswa ingin menjadi populer di lingkungan sekolahnya.

Selain berprestasi, sosialisasi juga sangat diperlukan. Hal ini mengingat bahwa orang-orang di sekitar kita, seperti teman-teman, bapak dan ibu guru serta seluruh lingkungan sekolah baik langsung maupun tidak langsung turut berperan dalam mendukung menjadi siswa yang berprestasi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)