Mengetahui Peran Seorang Wali Kelas di Sekolah

25 Februari 2016 Artikel Pendidikan


Di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas dikenal istilah wali kelas. Peran wali kelas ini agak lebih spesifik karena melibatkan proses bimbingan secara akademis maupun non-akademis.Wali kelas harus berasal dari guru yang mengajar di kelas tersebut karena berkaitan dengan fungsinya dalam kegiatan bimbingan. Ditunjuk oleh kepala sekolah melalui prosedur tentu. Penunjukan wali kelas oleh kepala sekolah di awal tahun pelajaran.

Secara struktural sekolah, wali kelas merupakan perpanjangan tangan kepala sekolah dalam mengelola kelas. Jadi, wewenang kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di kelas didelegasikan kepada wali kelas.Salah satunya tugas wali kelas yang sudah diketahui adalah mengisi raport dan membagikannya kepada siswa. Ini berkaitan dengan tugas wali kelas dibidang administrasi kelas. Selain memiliki tugas administrasi, wali kelas juga mengelola kelas yang menjadi bimbingannya.

Pengelolaan siswa di kelas bertujuan untuk membantu proses belajar siswa agar berjalan seoptimal mungkin.Wali kelas itu sesungguhnya wakil orang tua di sekolah. Pengganti orang tua di sekolah berkaitan dengan perkembangan belajar anak.

Berikut peran atau tugas wali kelas di sekolah:
1. Mengetahui tugas pokoknya yaitu:
*. Mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan kelasnya
*. Membina kepribadian dan budi pekerti
*. Membantu pengembangan dan kecerdasan
*. Membantu pengembangan keterampilan

2. Mengetahui jumlah peserta didik
3. Mengetahui nama-nama peserta didik
4. Mengetahui identitas peserta didik antara lain dengan cara seorang demi seorang dipanggil untuk menyesuaikan kartu pribadi dengan keadaan yang sebenarnya
5. Mengetahui kehadiran peserta didik setiap hari di kelasnya
6. Mengetahui masalah-masalah peserta didik
7. Mengadakan penilaian: kelakuan dan kerajinan
8. Mengambil tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah
9. Memperhatikan buku rapor, kenaikan kelas dan ujian akhir
10. Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan
11. Membina suasana kekeluargaan
12. Melaporkan kepada kepala sekolah

Itulah pengertian mengenai peranan wali kelas di sekolah. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi buat siswa maupun orang tua siswa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)