Mengenal Arti dan Makna Logo Hari Ulang Tahun RI ke-71

17 Agustus 2016 Artikel Pendidikan


Logo peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 telah ditentukan. Logo ini berasal dari hasil seleksi atas sejumlah karya yang dikumpulkan melalui Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) yang selanjutnya dipilih Bekraf. Logo HUT RI Ke-71 diciptakan oleh Aditya Yoga. Logo HUT Kemerdekaan RI ke 71 sempat menjadi perbincangan karena desainnya dianggap mirip dengan dengan gambar lencana Divisi Infanteri ke-71 Amerika Serikat. Walaupun demikian Badan Ekonomi Kreatif tidak mempermasalahkan hal tersebut, karena dalam desain memang selalu akan ada kemiripan terutama desain yang berbasis angka.

Logo HUT RI ke-71 adalah kesinambungan dari logo HUT RI ke 70 dengan tagline "Indonesia Kerja Nyata". Seperti diketahui pada tema HUT RI Ke-70 tema yang diusung adalah "Ayo Kerja" dan pada tema besar HUT RI Ke-71 adalah "Kerja Nyata".

Pada logo 71 tahun ini digambarkan dua setengah lingkaran yang mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis selalu berputar mendorong pesat ke depan. Hal ini menunjukan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia.

Angka satu yang menembus bidang lingkaran mengarah ke kanan atas, merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar ber-"satu", bahu membahu bekerja menembus segala rintangan.

Secara tampilan logo 71 Tahun Indonesia Merdeka bernuansa modern dan sederhana dalam tampilan. Hal ini menunjukan sikap pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas/transparansi/informatif dalam seluruh kerja nyatanya.

Itulah paparan mengenai logo HUT RI ke 71 yang akan dirayakan pada 17 Agustus 2016.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)