Mengatasi Kekhawatiran Orang Tua Terhadap Anak

15 Oktober 2019 Artikel Pendidikan


Kekhawatiran orang tua terhadap anak merupakan fenomena umun yang terjadi saat ini. Namun, tidak jarang dari sekian banyak orang tua, pasti ada yang memiliki rasa kekhawatiran berlebihan. Jadi jika Anda mengalami kecemasan orang tua, tidak perlu bersikap panik yang berlebihan. Ini adalah fenomena umum dan ada cara yang efektif untuk menaklukkan rasa cemas yang melanda Anda. Kali ini kesekolah.com akan menghadirkan tips untuk mengatasi rasa cemas Anda.

Anda harus tahu hal-hal apa saja yang bisa Anda kendalikan dan mana yang tidak. Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah untuk mengetahui hal-hal yang dapat Anda kontrol dan beberapa hal yang tidak bisa. Setiap orang tua jelas memiliki kecemasan yang sedikit berlebihan terhadap putra-putri mereka. Anda harus mengetahui betul mana saja hal-hal yang sebenarnya bisa Anda atasi dan mana yang tidak. Kecemasan yang tidak perlu atas fakta bahwa anak Anda jatuh sakit meskipun makanan dan nutrisi yang masuk dalam tubuhnya selalu sehat seharusnya tidak perlu menjadi beban hidup Anda. Kebijaksanaan adalah hal yang penting yang harus Anda miliki.

Yang selanjutnya Anda harus bisa membedakan ketakutan dari fakta. Langkah kedua adalah mengetahui dari mana ketakutan Anda sebenarnya berasal. Anda nantinya akan benar-benar menyadari bahwa dalam beberapa kasus memang kekhawatiran yang terlalu berlebihan itu tidak perlu.

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah berhenti membandingkan anak Anda dengan anak lain. Kebanyakan orang tua melakukan kesalahan yang sangat besar dengan membanding-bandingkan. Ini dapat merusak pertumbuhan anak Anda.Sebagai orang tua sangat penting bahwa Anda menghargai anak Anda dan membuat dia menyadari kemampuannya. Ini akan menjadi pemicu anak untuk jadi pemberontak yang aman akan membuat Anda semakin khawatir.

Semoga bermanfaat...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)