Mengapa Paskah Identik dengan Telur dan Kelinci?

27 Maret 2016 Artikel Pendidikan


Tidak lama lagi umat Kristiani akan merayakan hari Paskah. Perayaan hari paskah ini sangat identik dengan keberadaan telur dan kelinci. Bentuknya yang cantik dengan berbagai warna dan gambar menjadi momen yang paling dinanti oleh anak-anak. Kira-kira kenapa Paskah itu identik dengan telur dan kelinci?

Sejak zaman Perjanjian Lama, paskah sendiri sudah ada yang dapat diartikan sebagai pelepasan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Namun di Perjanjian Baru, Paskah dirayakan sebagai kebangkitan Yesus Kristus. Hari Paskah pada zaman dahulu kala selalu jatuh sekitar di hari perayaan Dewi Eostre yaitu dewi yang dikenal sebagai dewi musim semi atau dewi kesuburan dan perpanjangan hidup.

Musim semi bagi orang di belahan bumi bagian utara diartikan sebagai musim yang memperlihatkan kembali kehidupan. Pohon yang selama musim dingin dan musin gugur rontok dan gundul, sekarang sudah mulai bertunas. Bunga-bunga pun mulai bermekaran, dengan kata lain kehidupan dimulai kembali.

Pada abad kedua, paskah diambil alih oleh misionaris Kristen untuk menyebarkan agama Kristen agar diterima oleh penduduk lokal. Para misionaris ini mulai menggunakan adat istiadat penduduk setempat untuk mentransformasikan perayaan Paskah agar selaras atau sejalan dengan doktrin kekristenan. Maka dari mulai itulah lambat laun perayaan Dewi Eostre mulai banyak diadopsi oleh gereja-gereja di Eropa Utara. Itulah sebabnya Paskah disebut dengan Easter yang artinya kebangkitan Yesus Kristus.

Telur paskah diartikan sebagai lambang cikal bakal kehidupan. Telur Paskah ini biasanya dihias dengan menggunakan warna merah dan hijau. Merah sebagai lambang terhadap darah Kristus sedangkan warna hijau sebagai lambang tunas-tunas baru yang mulai tumbuh. Sedangkan kelinci dilambangkan sebagai lambang kesuburan karena kelinci merupakan salah satu binatang yang cepat berkembang biak dan memiliki banyak anak. Oleh karena itu kelinci digunakan sebagai simbol kehidupan yang melimpah di musim semi.

Lambang telur dan kelinci ini pun dijadikan sebagai lambang bahwa Kristus telah bangkit dan hidup. Itulah sebabnya hari paskah sangat identik dengan telur dan kelinci. Kelinci sebagai simbol kesuburan dan telur sebagai simbol kebangkitan dan kelahiran.

Selamat Paskah!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)