Mengapa Kita Harus Gagal?

30 Oktober 2015 Artikel Pendidikan


Dalam dunia pendidikan, "kegagalan" adalah tentang sebuah kata yang berkonotasi negatif. Selain berkonotasi negatif, kegagalan juga dapat menghancurkan motivasi belajar kita.

Namun, jangan hanya berbicara kegagalan dalam konotasi negative, tetapi terima kegagalan tersebut sebagai pembelajaran agar kita tidak mengulanginya dikemudian hari. Kegagalan-kegagalan yang kita terima akan membawa kita kepada pengalaman-pengalaman yang tidak menghasilkan kesuksesan secara instan. Dengan kegagalan kita dapat memecahkan masalah yang lebih dalam dan menyatukan pengetahuan yang lama dengan yang baru, dan juga menimbulkan ketekunan didalam diri kita.

Anda harus tahu bahwa orang dewasa terus mencoba kemudian gagal, gagal, dan gagal, dan tetap mencoba terus. Intinya Anda harus merasakan kegagalan dahulu sebelum merasakan nikmatnya keberhasilan.

Seperti yang dikatakan oleh Zig Ziglar, "Failure is an event, not a person", kegagalan adalah sebuah peristiwa, bukan seseorang. Tidak ada yang salah dengan Anda, jika Anda telah gagal itu hanya sebuah indikasi bahwa Anda akan dapat melakukannya lebih baik dimasa depan.

Jika Anda takut gagal, maka Anda tidak akan pernah mendapatkan inspirasi positif yang akan mendorongAnda untuk sukses dalam hidup.

Mari kita tinjau lebih dalam mengapa Anda harus gagal:

1. Analisis potensi sejati Anda
Anda tidak akan pernah tahu apa yang Anda benar-benar mampu kecuali Anda gagal. Ketika Anda gagal untuk mencapai tujuan, Anda akan melakukan upaya yang lebih mendapatkan apa yang anda inginkan.

2. Belajar mencari alternative

Kegagalan memberi Anda kesempatan untuk mewujudkan cara-cara alternative untuk mewujudkan cara-cara alternative untuk mencapai tujuan Anda. Kita hanya perlu visi yang tepat dan pola piker yang positif

3. Dapatkan kesempatan lain untuk sukses

Orang-orang yang menyerah setelah gagal secara otomatis akan "kalah" dan cenderung takut untuk memulai. Kegagalan dapat mengajari anda memilih cara terbaik dan tepat yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

4. Anda akan belajar dan tumbuh

Kita tidak bisa belajar dan tumbuh tanpa kesalahan karena kita manusia. Gagal sekali tidak berarti Anda akan gagal setiap kali.

5. Anda akan belajar menemukan "Siapa teman sejatimu"

Kegagalan akan memberitahu kepada kita siapa teman-teman kita yang sebenarnya; yakni teman-teman yang membangkitkan kita ketika kita kecewa gagal dan perlu dihibur. Hanya teman sejati Anda yang akan memotivasimu dan membuatmu merasa lebih baik.

6. Anda kan tetap jauh dari arogansi

Sukses sering membuat orang bangga dan sombong. Tapi kegagalan memberi tahu bagaimana rasanya ketika usaha Anda berakhir sia-sia dan tidak berhasil. Kegagalan mengajarkanmu untuk menjadi rendah hati bahkan setelah mendapatkan semua kesuksesan di dunia.

Semua penemuan besar adalah hasil dari serangkaian usaha yang gagal. Einstein tidak sampai pada teori relativitas dalam perjalanan pertama.

Jangan biarkan kegagalan anda membawa anda ke bawah, tapi jadikan kegagalan sebagai kunci meraih keberhasilan.

Selalu ada sesuatu yang dapat Anda pelajari dari kesalahan Anda. Jangan buang waktu Anda dengan hanya meratapi sebuah kegagalan. Anda hanya perlu belajar dari kegagalan anda dan mencobanya lagi.

Oleh: Muhamad Erzal
(diolah dari berbagai sumber)