Mengajarkan Etika di Meja Makan pada Anak

21 Januari 2014 Artikel Pendidikan


Pendidikan anak adalah tanggung jawab orang tua. Sudah seharusnya, sebagai ibu, Anda pun ikut andil dalam perkembangan anak, termasuk pendidikan mengenai sikap dan tingkat kesopanan anak.

Mengapa? Karena anak Anda suatu saat akan terjun ke dalam masyarakat yang berbudaya, sehingga pelajaran mengenai tata krama sangatlah penting untuk dibekalkan pada anak kita agar nantinya anak Anda tidak di cap sebagai anak yang tidak tahu adat dan sopan santun. Etika ketika makan misalnya, harus dikenalkan sejak dini.

Etika di atas meja makan, atau yang juga dikenal dengan sebutan table manner, adalah aturan aturan yang harus dipatuhi ketika sedang berada di meja makan. Aturan ini lebih bersifat moril dan memiliki beberapa perbedaan di setiap negara di dunia.

Etika di atas meja makan dibutuhkan dalam acara makan bersama, terutama dalam acara formal atau resmi. Table manner yang banyak digunakan terutama pada acara formal adalah adat Eropa.

Pelajaran dasar etika di meja makan

Pendidikan paling pertama bagi anak memang diterima di rumah, lewat Anda sebagai orang tuanya. Dalam memberikan pembelajaran dasar mengenai etika di meja makan, tidak perlu hingga mencekoki anak dengan segala macam aturan table manner lengkap.

Belum waktunya. Anda bisa mulai dengan mengajarinya cara duduk yang benar. Menyuapi anak Anda sambil membiarkannya bermain atau melakukan hal lain adalah hal hal yang biasa terjadi namun sangat salah, karena bisa memudarkan konsentrasi anak pada makanannya, sehingga nafsu makannya berkurang.

Jadi, alangkah baiknya jika Anda mulai membiasakan anak Anda untuk duduk dengan tenang ketika sedang makan.

Dalam mengajarkan anak Anda cara duduk dengan benar, dudukkan ia pada meja makan di rumah anda. sediakan kursi khusus untuknya seperti high chair agar posisi si anak pas dan nyaman pada meja makan (tidak terlalu rendah).

Selain itu, ajari buah hati Anda untuk makan sendiri sejak dini. Dengan demikian, anak Anda bisa berhadapan langsung dengan makanannya, dan Anda bisa mengajarkan tentang tata cara makan yang benar seperti bagaimana memegang sendok dan lain sebagainya.

Hal dasar yang perlu diajarkan

Dalam etika makan yang benar, Anda juga perlu untuk mengajarkan hal hal dasar di luar pelajaran ‘table manner’ pada anak Anda. Contohnya adalah dengan membiasakan buah hati Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, biarpun kalian akan makan dengan alat seperti sendok, garpu, atau sumpit.

Hal ini dimaksudkan agar anak belajar untuk senantiasa bersih, terutama ketika makan. Selain ini, biasakan anak Anda untuk berdoa dulu sebelum makan, dan juga berdoa lagi setelah makan.

Berdoa setelah makan berfungsi untuk mengajarkan anak Anda untuk selalu bersyukur atas nikmat makanan yang telah disantapnya.

Memulai dari diri sendiri

Anda tentu pernah mendengar bahwa tingkah laku anak merupakan cerminan tingkah laku orang tuanya di rumah. Jadi, biasakan diri Anda sendiri dan suami untuk selalu tertib dalam menjaga etika di atas meja makan yang baik.

Dengan demikian, anak Anda pun anak meniru sikap Anda dan lebih mudah baginya untuk mengaplikasikan pelajaran etika di meja makan tersebut. Hal ini dikarenakan di masa masa awal pendidikan anak cenderung belajar melalui proses imitasi atau meniru pada apa yang di lihatnya.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)