Menanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini pada Anak

3 Desember 2014 Artikel Pendidikan


Belajar untuk mencintai tanah air dimana kita akan tinggal dan dibesarkan tidak ada salahnya dimulai sejak dini. Anak akan lebih memiliki jiwa nasionalisme,menghargai perbedaan serta bangga terhadap kebudayaan Indonesia.

Indonesia merupakan negri yang kaya akan suku dan budaya. Ditambah dengan indahnya kekayaan sumber daya alam dan keindahan panorama alam laut, udara maupun darat.

Bagaimana mengajarkan itu semua dan membuat si kecil unutuk cinta Indonesia?

Tidak semata-mata rasa cinta terhadap Indonesia tumbuh begitu saja. Maka dari itu, orang tualah yang harusnya mengajarkan anak sejak dini akan indahnya Indonesia. Berikut adalah beberapa cara mengajari anak anda untuk cinta Indonesia.

Merayakan Hari Besar Nasional

Momen yang sangat tepat untuk mengajarkan anak cinta Indonesia. Sambut perayaan hari besar nasional bersama anak dengan unik dan seru. Misalkan saja Hari Kemerdekaan dengan menghias bendera di rumah lalu kemudian mengikuti serangkaian lomba di lingkungan sekitar rumah. Ketika Hari Kartini, dengan memakai baju adat tradisional masing-masing daerah.

Wisata Edukasi ke Museum

Mengajak si kecil untuk pergi ke museum merupakan salah satu belajar mencintai Indonesia dengan cara yang menyenangkan. Disamping rekreasi, si anak juga dapat menambah wawasan tentang Indonesia. Banyak sekali museum bersejarah yang kini tersebar.

Menyanyikan Lagu Daerah

Mengajak anak bernyanyi tidaklah sulit. Kebanyakan anak akan senang bila diajak bernyanyi. Gunakan kesempatan ini untuk belajar mencintai Indonesia lewat lagu-lagu daerah. Nyanyikan satu atau dua lagu daerah sendiri, dengan begitu si anak akan mencintai Indonesia dan budayanya.

Membacakan Buku Cerita Tentang Pahlawan

Membacakan buku cerita merupakan media menarik bagi si anak untuk mengenalkan budaya Indonesia. Bacakan anak cerita tentang pahlawan nasional. Sudah banyak di toko buku yang menyediakan cerita-cerita pahlawan tanah air yang dikemas secara menarik. Si anak akan mengerti bahwa pahlawanlah yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)