Membentuk Karakter Anak Menjadi Pribadi yang Mandiri

19 April 2019 Artikel Pendidikan


Banyak orang tua mulai mengeluh terkait anak yang kurang mandiri. Namun tanpa disadari, ketidak mandirian tersebut berasal dari perlakuan orang tua itu sendiri. Seperti anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan sehingga ia tidak pernah merasa sulit.

Sebagai orang tua, kita perlu berhati - hati dalam pengasuhan anak sebab setiap didikan kita berpengaruh besar dalam perkembangan anak hingga ia kelak menjadi dewasa. Brikut ini cara untuk mendidik anak agar memiliki karakter yang mandiri:

1. Jangan turuti setiap kemauan anak

Jika sejak kecil anak sudah dimanjakan dengan mengikuti semua keinginannya, anak akan menjadi malas dan selalu bergantung pada orang tua. Walau Anda sangat mencintai anak Anda, menuruti semua keinginannya bukanlah cara yang tepat untuk mendidiknya menjadi mandiri. Biasakan anak Anda untuk berusaha sendiri untuk memenuhi keinginannya, seperti menabung jika ia ingin membeli mainan.

2. Jangan suka melarang

Anak seringkali memiliki rasa ingin tahu yang besar membuat mereka ingin mencoba berbagai hal secara leluasa. Kita sebagai orangtua terkadang merasa takut jika hal buruk terjadi padanya. Komunikasi dua arah adalah solusi terbaik untuk mengingatkan anak saat melakukan hal-hal yang ingin mereka lakukan.

3. Hindari kekerasan fisik saat menghukum

Tidak hanya fisik, kekerasan fisik hanya akan membuat jiwa anak Anda terluka. Hal tersebut akan berdampak negatif pada pertumbuhan jasmani dan emosi mereka. Jika Anda memiliki anak kecil dan ketika mereka melakukan suatu kesalahan, Anda dapat memberi tahu secara baik-baik dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka.

4. Berikan penghargaan

Ketika anak berhasil mencapai keinginannya dengan kerja kerasnya sendiri, berikan penghargaan yang membuat ia merasa bangga dengan dirinya. Anda bisa memberikannya pujian sehingga si anak bisa lebih percaya diri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)