Membangun Self Branding

29 Juli 2016 Artikel Pendidikan   |    Ary Senpai


Apa itu self branding?

Secara umum branding dikatakan sebagai segala sesuatu yang memiliki identitas. Nah dari hal tersebut kita bisa tahu bahwa self branding adalah proses memberi identitas pada diri sendiri sehingga orang lain akan mengerti skill atau diri kita secara mudah (mudah dikenali). Self branding biasanya berhubungan dengan sebuah spesialisasi untuk mempromosikan skill seseorang seperti halnya seseorang yang hobi dengan dunia visual mempromosikan dirinya sebagai pendekar visual atau sejenisnya.

Apa penting self branding itu? Untuk apa? Membangun Self Branding pakai apa?

Apakah kita butuh bersinergi dengan orang lain terhadap kemampuan yang kita miliki? Apakah kita hanya hidup sendirian di bumi ini?Tentunya tidak.Tujuan dari self branding inilah kita dapat mengetahui wadah yang akan digunakan untuk berkarya sehingga dapat mampu menemukan tempat berkarya maupun menyalurkan kemampuan diri agar lebih bermanfaat. Saya ambil contoh tentang self branding dari Osamu Tezuka, seorang seniman jepang yang memperkenalkan karakterAstro Boy di dunia animasi.Brand yang dibuat oleh Osamu Tezukajikadilihatdarikaryanyaadalahkarakterkartundenganmatalebaratausekaranglebih popular denganistilah manga.Secara personal Osamu Tezuka juga berusaha membrandingdirinya sendiri dari segi pola pikirnya yang kreatif juga gayanya berpakaian untuk mencerminkan pemikiran kreatifnya.


Apakah kita harus berpakaian dan berpikiran bahwa untuk membangun self branding harus menjadi seorang seniman seperti Osamu Tezuka? Tentunya tidak. Dalam self branding ada unsur-unsur yang akan menjadikan diri kita terbranding dengan sendirinya, unsur apa itu?

Idea

Seseorang akan dikenal dan diapresiasi karyanya berawal dari sebuah ide entah ide gila atau ide yang biasa-biasa saja. Misalnya ide untuk membuat sekolah desain dan animasi yang dibuat oleh Wahyu Aditya, dan akhirnya ide tersebut berakhir dengan berdirinya sekolah animasi dan desain yang diasuh olehnya.

Skill

Yups. Ini yang tidak kalah pentingnya dalam membangun self branding, yaitu skill atau istilahnya disebut sebagai keterampilan.Seseorang pun akan dikenal dan diapresiasi oleh orang lain melalui keterampilannya, maka dari itu tentu kenapa yang menjadi keterampilan kita entah itu satu keterampilan bahkan multitalenta seperti Muhammad SAW. Maka dari itu asah skill yang ditekuni sebagai langkah untuk membangun self branding.

Marketing

Marketing ini bisa dikatakan sebagai promosi diri, bukan berarti menjual diri lho hehehhe.Tapi bagaimana caranya agar orang lain tahu bahwa kamu itu berkompeten dalamsuatu bidang. Misalnya seseorang yang sudah membranding dirinya sendiri dengan sebutan pendekar visual juga harus mampu mempertanggungjawabkan atas apa yang dijadikan branding dirinya sendiri, maka dari itu terus berproses adalah kunci yang terpenting dalam self branding ini sendiri.

Terus gimana marketingnya?Apakah harus tiap hari update status di fesbuk gitu?

Hehehe bukan begitu jugalah.Untuk mempromosikan diri kita bisa ikut dalam komunitas, ikut kegiatan, rajin-rajin mengupdate ilmu kita dan jangan lupa untuk terus bersinergi dengan orang lain dan kalau perlu berpakaian yang mencerminkan dirimu hehehhee.

Yups semoga bermanfaat kawan-kawan yang ingin membranding dirinya, teruslah berproses, berprogres dan penuh makna.

(Penulis merupakan creativepreneur dan tulisan lainnya bisa dilihat di arysenpai-pendekarvisual.blogspot.co.id)