Mau Tahu Jadwal Pendidikan 2014? Yuk Cek di Kalender Pendidikan 2014!

6 Juni 2014 Artikel Pendidikan


Setelah melewati berbagai tahap dalam pendidikan pada beberapa bulan terakhir, akhirnya kita juga bisa bernafas lega saat kita melewati proses kenaikan kelas maupun kelulusan sekolah. Pembelajaran di tiap sekolah di Indonesia telah ditetapkan oleh kurikulum yang dibuat oleh Pemerintah. Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran.

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.

Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.

Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Dengan adanya kalender pendidikan dapat membantu para guru untuk menentukan hari aktif untuk proses belajar-mengajar terutama untuk guru di bidang kurikullum serta penetapan hari untuk ujian, libur bagi siswa/siswi.

Kalender pendidikan ini telah dirilis oleh Kemendikbud sendiri dengan tujuan agar setiap sekolah bisa mengelola waktu proses belajar - mengajar secara serentak. Penetapan kalender pendidikan sendiri dimulai dari bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada akhir juni pada tahun berikutnya.

Nah, pada tahun ini tepatnya di bulan Juli 2014 telah diresmikannya kalender pendidikan yang telah dirilis untuk setiap sekolah di Indonesia dengan berbagai jenjang seperti TK, SD, SMP & SMA Sederajat. Kalender pendidikan untuk periode 2014/2015 bisa anda dapatkan dengan mengunduh filenya di Kalender Pendidikan 2014/2015.

Tidak hanya guru saja, siswa/siswi pun juga bisa mengetahui hari-hari belajarnya baik ujian maupun libur sehingga siswa bisa siap dalam menghadapi kegiatan belajar terutama untuk ujian harian, umum maupun Nasional.

Semoga bermanfaat bagi anda !

Oleh: Albert S
(Dikutip dari berbagai sumber)