Mau Tahu Ciri Ciri Anak Cerdas? Baca Infonya Yuk

4 September 2014 Artikel Pendidikan


Pasti dimata setiap orang tua, anak-anak mereka anak yang jenius dan cerdas. Bagaimana tidak, setiap saat rasanya ada saja perkembangan kemampuan yang dimiliki anak, entah itu menggambar, bernyanyi ataupun berbicara. Padahal kebanyakan anak baru bisa disebut jenius atau cerdas itu diusia - usia sekolah.

Tapi ada beberapa tanda-tanda anak diusia dini yang menunjukan apakah mereka memiliki kecerdasan tinggi. Apa saja tanda-tandanya ? Inilah karakter anak cerdas menurut Rini Hildayani, M.Si sebagai berikut:

1. Percaya Diri

Anak tidak lagi merasa minder atau malu berada di lingkungan baru. Serta berani mengutarakan yang ada di pikirannya. Si kecil pun menjadi menonjol di antara teman-temannya. Ini bukan berarti membiarkan anak menjadi sombong dan bersikap berlebihan namun hanya sebatas sejauh anak dapat mengutarakan isi hatinya dan merasa yakin dengan lingkungan sekitarnya. Seperti tidak keberatan saat diminta menjadi ketua kelompok di kelasnya atau saat diminta menunjukkan bakatnya.

2. Berani

Dengan rasa percaya diri dan berpikir maju tersebut, anak tentu akan menjadi lebih berani untuk menunjukkan prestasi dan kemampuannya. Berani memulai sesuatu yang baru dan tidak biasa misalnya berkenalan dengan teman baru di sekolah atau lebih mudah akrab dengan sesama saudaranya. Anak yang berani akan lebih cepat untuk maju karena tidak membatasi dirinya untuk mencoba sesuatu yang baru.

3. Bertanggung Jawab

Segala sesuatu yang sudah dimulai si kecil wajib diselesaikan olehnya juga. Contoh sederhana, ketika ia mulai membongkar mainan puzzlenya meski sesulit apapun dia akan tetap menyelesaikan susunan puzzlenya seperti semula. Itu contoh awal bahwa anak sudah menunjukkan bahwa ia bertanggung jawab dan bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapinya. Mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi tentu tidak mudah, namun jika si kecil mampu melewatinya itulah tanda bahwa si kecil cerdas bu.

4. Berpikir Maju

Ini terlihat dengan mudah dari keinginan anakmu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Entah itu misalnya belajar sepeda roda dua, membuat mainannya sendiri, hingga ingin berprestasi seperti mendapat ranking di sekolah. Dengan pikiran-pikiran untuk berusaha mencapai sesuatu yang baru di masa yang akan datang ini menunjukkan anak memiliki pikiran yang maju dan ingin menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Mungkin masih banyak lagi tanda-tanda anak berbakat lainnya yang masih sulit untuk dilihat. Jadi, apakah anak Anda sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa dia semakin cerdas?

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)